BUSINESS

5 Manfaat Analisis SWOT untuk Kelangsungan Bisnis

SWOT melihat kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman.

5 Manfaat Analisis SWOT untuk Kelangsungan BisnisAnalisis SWOT. (Pixabay/athree23)

by Desy Yuliastuti

02 October 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Manfaat analisis SWOT untuk bisnis harus diketahui, sebab dengan analisis SWOT pebisnis dapat melakukan perencanaan matang dan serta beroleh dukungan analisis bisnis komprehensif. Teknik analisis bisnis ini juga membantu memahami potensi risiko dan mencapai tujuan keuntungan bisnis. 

Teknik analisis SWOT  membantu para pebisnis dalam mendapatkan kajian atas bisnis yang dijalankan dengan melihat pada beberapa indikator, yakni kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan ancaman (threats). Dengan demikiann, suatu usaha dapat mematangkan strategi untuk terus bertahan dan memenangkan persaingan.

Analisis SWOT merupakan pendukung utama keberlangsungan usaha yang dijalankan dengan melihat situasi internal dan eksternal perusahaan. Melansir Cermati, teknik analisis ini pertama kali diperkenalkan Albert Humphrey, seorang peneliti di Universitas Stanford, pada sekitar 1960-an. 

Humphrey mengembangkan analisis ini dengan mendasarkan pada analisis data-data sejumlah perusahaan yang masuk daftar Fortune 500. Seiring waktu berjalan, SWOT menjadi teknik analisis yang sering digunakan dalam berbagai kepentingan—terutama bisnis—dalam mengevaluasi kinerja. 

Lalu, apa saja manfaatnya? Merangkum IDN Times, berikut lima manfaat dari analisis SWOT bagi bisnis atau usaha.

1. Analisis SWOT untuk mengatasi masalah dengan mudah

Analisis SWOT adalah suatu metode yang terdiri dari identifikasi beberapa faktor, yakni Kekuatan (Strengths), Kelemahan (Weaknesses), Peluang (Opportunities), dan Ancaman (Threats) suatu entitas atau usaha. Setiap dari empat aspek ini mencakup informasi mengenai faktor internal (yaitu kekuatan dan kelemahan dalam usaha) dan faktor eksternal yang berpotensi mempengaruhi keputusan di luar kendali usaha (yaitu peluang dan ancaman).

Kekuatan (Strengths) menggambarkan keunggulan dan elemen unik yang membedakan suatu usaha dari pesaing lain. Sementara Kelemahan (Weaknesses) merujuk pada kekurangan atau keterbatasan dalam internal usaha yang perlu diperbaiki untuk tetap bersaing.

Setiap usaha tentu menghadapi berbagai masalah, baik yang berasal dari internal maupun eksternal, yang perlu dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan. Dengan melakukan analisis SWOT, pelaku usaha dapat mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi serta menemukan solusi yang tepat. Hal ini memungkinkan penanganan masalah yang awalnya terasa kompleks menjadi lebih terkelola.

2. Analisis SWOT tidak perlu biaya mahal

Peluang (opportunity) mengacu pada faktor-faktor dari luar yang dapat memberikan keuntungan atau keunggulan bersaing bagi bisnis yang akan didirikan. Sementara Ancaman (threats) merujuk pada faktor-faktor potensial yang dapat menimbulkan kerugian bagi bisnis di masa mendatang.

Penting dicatat bahwa Analisis SWOT tidak membutuhkan investasi finansial yang tinggi. Tidak diperlukan pengeluaran besar untuk menggunakan jasa konsultan sebagai sumber nasihat. Selain itu, tidak diperlukan perangkat analisis yang canggih. Yang diperlukan hanyalah peralatan tulis atau perangkat elektronik standar seperti ponsel atau laptop yang biasa digunakan.

Related Topics