Comscore Tracker
BUSINESS

FedEx Perluas Layanan ke Empat Negara di AMEA

Mendorong pertumbuhan e-commerce lintas batas Asia Tenggara.

FedEx Perluas Layanan ke Empat Negara di AMEADok. FedEx

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - FedEx Express, anak perusahaan dari FedEx Corp. dan salah satu perusahaan transportasi ekspres terbesar di dunia, memperluas layanan pengiriman e-commerce internasional FedEx® International Connect Plus (FICP) ke empat pasar lainnya di kawasan Asia Pasifik, Timur Tengah, dan Afrika (AMEA). Perluasan layanan meliputi Indonesia, Selandia Baru, Filipina dan Vietnam.

Cakupan layanan FICP yang lebih luas merupakan upaya FedEx untuk mendukung perkembangan e-commerce yang kuat di wilayah AMEA. Dipimpin oleh tiga pasar dengan pertumbuhan tercepat – Filipina, Indonesia dan Vietnam, penjualan e-commerce di Asia Tenggara akan mencapai US$ 100 miliar pada tahun 2023. Pasar e-commerce di Selandia Baru juga diperkirakan akan tumbuh 6 persen setiap tahun hingga 2025.

Senior Vice President Marketing & Customer Experience AMEA FedEx Express, Salil Chari mengatakan sejak FICP diluncurkan tahun lalu, pihaknya telah melihat penggunaannya yang tinggi di antara para pelanggan e-commerce berkat tersedianya “sweet spot” bagi pelaku bisnis e-commerce untuk menawarkan pengiriman cepat dengan biaya yang masuk akal.

“Selain solusi digital lain yang kami tawarkan, ke depannya, ekspansi FICP memungkinkan kami untuk mendukung pelanggan dengan lebih baik dan mempercepat pertumbuhan e-commerce lintas batas di kawasan yang dinamis ini,” katanya.

Dengan ekspansi ini, FICP kini telah tersedia untuk bisnis e-commerce di 14 pasar termasuk Australia, Hong Kong SAR, India, Indonesia, Jepang, China, Malaysia, Selandia Baru, Singapura, Korea Selatan, Taiwan, Filipina, Thailand, dan Vietnam. Pelaku bisnis e-commerce dapat menawarkan solusi pengiriman internasional kepada pelanggan dengan harga yang bersahabat sekaligus memastikan sebagian besar pengiriman akan dikirimkan dalam kurun waktu 1 hingga 3 hari kerja di wilayah AMEA.

Cakupan layanan FICP

FICP menawarkan fasilitas pengiriman cepat dan layanan lainnya, seperti pelacakan, notifikasi pengiriman ke penerima dan fleksibilitas untuk mengubah opsi pengiriman melalui FedEx Delivery Manager®. Hal ini memberikan visibilitas, kontrol, serta kenyamanan lebih kepada pelanggan atas pesanan online mereka.

Salil pun memerinci, beberapa manfaat utama FICP untuk pelaku bisnis e-commerce dan pelanggan. Pertama, nilai yang lebih baik. FICP memungkinkan para pelaku bisnis untuk menikmati harga yang lebih hemat pada layanan pengiriman tepat waktu, dan pelanggan mendapatkan pilihan yang sesuai dengan harga yang menarik serta kebutuhan pengiriman yang dikhususkan untuk pelanggan.

Kedua, fleksibilitas dan kontrol. Selain pengiriman ke rumah, layanan FICP memungkinkan para pelaku bisnis e-commerce memberikan fleksibilitas kepada pelanggan untuk mengambil paket mereka dari ratusan lokasi penjemputan terdekat dan opsi untuk mengubah tanggal serta lokasi pengiriman.

Ketiga, integrasi tanpa batas. Solusi otomatisasi pengiriman online dan offline tersedia bagi para pelaku bisnis e-commerce untuk menikmati pengalaman bebas kertas.

Keempat, kenyamanan. Kemampuan pelacakan paket FedEx yang ekstensif memberikan pelaku bisnis e-commerce dan pelanggan visibilitas yang luas sepanjang perjalanan pengiriman.

Managing Director FedEx Express Indonesia, Garrick Thompson, menambahkan FedEx terus berupaya memberdayakan bisnis e-commerce di Indonesia dengan layanan logistik yang hemat biaya dan inovatif. 

“Dengan diluncurkannya FedEx® International Connect Plus, para pebisnis e-commerce lokal kini dapat menawarkan layanan pengiriman tepat waktu untuk memenuhi kebutuhan sesuai permintaan pelanggan,” ujarnya,

Selain FICP, FedEx meningkatkan penawaran e-commerce dengan menambahkan berbagai solusi pengiriman, termasuk solusi integrasi pasar B2B seperti program FedEx Compatible dan Alliances, serta inovasi mulai dari pengiriman last-mile ke manajemen warehouse melalui kekuatan otomatisasi dan teknologi robot.

Related Articles