BUSINESS

Pendapatan Naik 100 Kali Lipat, Soul Parking Bidik Bisnis EV Charging

Ambisi jadi pemain utama bisnis pengisian kendaraan listrik.

Pendapatan Naik 100 Kali Lipat, Soul Parking Bidik Bisnis EV ChargingParkir Vertikal Soul parking/Dok. ANTARA/APrillio Akbar

by Desy Yuliastuti

15 August 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Soul Parking, penyedia solusi parkir berbasis teknologi di Indonesia mengumumkan telah mencetak pertumbuhan pendapatan 100 kali lipat dalam 3 tahun terakhir. Perusahaan rintisan ini digawangi Kenneth Darmansjah sebagai CEO, Andru Wijaya sebagai CBO, dan Unggul Depirianto sebagai CTO. Startup yang mendapat pendanaan awal AC Ventures ini mengembangkan berbagai lini bisnis. 

Kenneth menjelaskan pertumbuhan pendapatan tersebut didorong solusi inovatif perusahaan terhadap berbagai masalah perkotaan yang kompleks di Indonesia. Berbagai faktor tersebut, di antaranya kemacetan, kenaikan harga tanah, dan ketidaksesuaian antara pertumbuhan penduduk, dan perluasan jalan.

"Pertumbuhan luar biasa kami dalam tiga tahun terakhir merupakan manifestasi dari tekad kami dalam inovasi. Manajemen juga telah menunjukkan contoh tanggung jawab dan dedikasi. Selama masa-masa sulit pandemi, hanya gaji eksekutif tingkat C yang dikurangi. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan modal demi mendapatkan pertumbuhan berkelanjutan dan efisien," kata Kenneth dalam keterangannya, dikutip Selasa (15/8).

Hasil tersebut, menurutnya juga tidak terlepas dari bisnis yang dijalani Soul Parking sendiri. Pertumbuhan pendapatan didorong manuver bisnis saat pandemi Covid-19. Ketika jumlah kendaraan di jalan berkurang, Soul Parking berhasil mengubah strategi untuk mengatasi krisis dengan mengembangkan model bisnis lain, selain penyimpanan vertikal yang hemat ruang untuk sepeda motor.

Menyoal pendanaan, terbaru pada Maret 2022 Soul Parking, dikabarkan telah mengumpulkan US$3,75 juta atau sekitar Rp54 miliar. Menurut data yang diinputkan ke regulator, putaran ini masuk dalam seri A dengan keterlibatan Basis Global, AC Ventures, Akohara, dan sejumlah investor lainnya. Jumlah pendanaan ini disebut naik tiga kali lipat dari putaran sebelumnya pada Januari 2021.

Perkembangan bisnis Soul Parking

Terbaru, Soul Parking menghadirkan sistem operasi yang dengan lancar menggabungkan solusi ringan aset dengan perangkat lunak manajemen parkir, menciptakan standar baru di industri. Strategi inovatif ini tidak hanya mengurangi biaya awal, tetapi menghasilkan pengembalian yang lebih cepat bagi pelanggan.

Selain itu, Soul Parking meluncurkan model Hardware-as-a-Service (HaaS) yang merupakan solusi parkir yang mudah dijangkau dan terjangkau. 

Dalam menjalankan bisnisnya, Soul Parking menyediakan penyewaan peralatan dan sistem parkir, perusahaan berhasil mengurangi biaya awal bagi pemilik lahan, menciptakan pilihan yang lebih fleksibel dan menarik di pasar.

Dalam hal kemitraan strategis, Soul Parking fokus pada pasar B2B telah memungkinkannya untuk membuat tawaran yang disesuaikan untuk berbagai pihak yang berkepentingan. Secara spesifik, Soul Parking telah melayani pemilik lahan dan penyedia layanan parkir di berbagai sektor, seperti kesehatan dan rumah sakit, lembaga pemerintah, ritel modern, dan berbagai jenis properti lain.

Ambisi jadi pemain utama di bisnis EV Charging

Dok. Soul Parking