BUSINESS

Tokopedia UngkapTren Belanja Online Produk Kecantikan 2023

Penjualan produk perawatan diri juga meningkat.

Tokopedia UngkapTren Belanja Online Produk Kecantikan 2023ilustrasi produk kecantikan (unsplash.com/Elsa Olofsson)

by Desy Yuliastuti

12 January 2024

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Industri Kecantikan di Indonesia terus berkembang pesat sepanjang tahun 2023. Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mencatat bahwa pada kuartal III-2023, kontribusi industri kosmetik terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai 3,83 persen.

Tokopedia pun mencatat kategori kecantikan dan perawatan tubuh sebagai salah satu kategori produk yang paling laris dibeli masyarakat lewat Tokopedia sepanjang 2023 (data Januari-September 2023 dibandingkan Januari-September 2022),” kata Category Development Senior Lead Tokopedia Stefanie Yuli dalam keterangannya, dikutip Jumat (12/1).

Tokopedia juga melihat animo masyarakat dalam berbelanja online produk kecantikan dan perawatan diri sepanjang 2023 menciptakan tren tersendiri.
 

Produk kecantikan dan perawatan diri terlaris

Tokopedia juga mencatat minat tinggi masyarakat dalam melakukan pembelian produk kecantikan dan perawatan diri secara online sepanjang tahun 2023, menciptakan tren tersendiri. Menurut Stefanie, beberapa produk kecantikan yang paling diminati di Tokopedia sepanjang tahun 2023 meliputi bedak wajah, produk styling rambut, lipstik, lip cream, dan eyeliner.

"Sedangkan beberapa produk perawatan diri yang laris manis di Tokopedia adalah cleanser wajah, serum wajah, krim wajah, parfum dan sunscreen wajah,” kata Stefanie.

Perkembangan ini menunjukkan bahwa bahkan setelah pandemi, kesadaran masyarakat terhadap kesehatan kulit dan wajah semakin meningkat. Fenomena ini juga dipengaruhi oleh munculnya berbagai tren kecantikan yang menjadi favorit banyak orang melalui media sosial sepanjang tahun 2023.

Beberapa tren tersebut mencakup clean girl makeup, glass skin, latte makeup, strawberry makeup, dan tren lainnya yang populer. 

Penjualan di berbagai wilayah Indonesia

Selain mencatat produk kecantikan dan perawatan diri yang laku keras, Tokopedia juga mengamati peningkatan jumlah penjual di berbagai wilayah di Indonesia pada kategori kecantikan dan perawatan diri sepanjang tahun 2023.

Data Tokopedia mengungkapkan bahwa daerah Pesisir Selatan (Sumatera Barat), Bima (Nusa Tenggara Barat), Sampang (Jawa Timur), Rokan Hulu (Riau), dan Ambon (Maluku) termasuk beberapa wilayah dengan peningkatan penjual tertinggi di kategori tersebut sepanjang tahun 2023.

"Rata-rata kenaikan lebih dari dua setengah kali lipat dibandingkan tahun 2022,” ujar Stefanie.

Melihat peluang pasar, sepanjang 2023 Tokopedia menghadirkan deretan inisiatif dan kampanye dalam upaya mendukung pertumbuhan jenama lokal kecantikan dan perawatan diri. Salah satunya melalui kampanye Tokopedia Beauty, pihaknya terus berupaya untuk memberikan panggung khusus bagi pelaku usaha di industri kecantikan dan perawatan diri, termasuk brand lokal.

"Banyak promo diskon, eksklusif produk, flash sale dan bebas ongkir agar belanja online makin hemat,” ungkapnya. Tokopedia mencatat jumlah transaksi lewat kampanye Tokopedia Beauty jelang akhir 2023, khususnya pada September 2023, mengalami kenaikan hampir 5 kali lipat jika dibandingkan Januari 2023.

Kehadiran kampanye Tokopedia Beauty juga telah membantu deretan brand lokal kecantikan dan perawatan diri mengalami kenaikan penjualan yang lebih pesat. Studio Tropik adalah salah satu contoh brand lokal kecantikan asal Bogor, Jawa Barat, yang merasakan manfaat dari bergabung di berbagai kampanye di Tokopedia, termasuk Tokopedia Beauty.

“Mengingat perkembangan industri kecantikan nasional makin pesat, salah satu tantangan yang sering kami hadapi adalah mendapatkan exposure ke pasar yang lebih luas sekaligus menjaga relevansi dengan masyarakat," kata Mellisa Angelina Atmadja, Chief Executive Officer (CEO) Studio Tropik.

Kampanye cukup berngaruh terhadap penjualan produk Studio Tropik yang menurutnya bisa mencapai luar pulau bahkan hingga Papua. "Penjualan kami juga naik hingga lebih dari dua kali lipat saat Desember 2023 dibandingkan November 2023,” katanya.