BUSINESS

6 Negara Pemegang Paspor Terkuat Dunia pada 2024

Empat negara Eropa kini berada di peringkat atas.

6 Negara Pemegang Paspor Terkuat Dunia pada 2024ilustrasi visa (pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

by Ekarina

12 January 2024

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Terjadi perubahan cukup signifikan pada peringkat negara pemegang Paspor terkuat di dunia. Jika dalam lima tahun terakhir, Singapura dan Jepang dikenal memiliki paspor paling kuat di dunia karena memberikan warga negaranya akses ke lebih banyak negara tanpa visa dibandingkan negara lain, belakangan berubah. 

Dikutip dari laman Fortune.com dan Bloomberg, empat negara Eropa kini menempati posisi teratas Henley Passport Index 2024 bersanding  dengan dua negara Asia tersebut. Warga Perancis, Jerman, Italia dan Spanyol kini memiliki akses bebas visa (visa on arrival) ke 194 negara tujuan, lebih banyak dibandingkan tahun lalu.

Korea Selatan, Swedia dan Finlandia semuanya naik satu peringkat dan menduduki peringkat kedua, dengan akses mudah ke 193 lokasi. Sedangkan, Austria, Denmark, Irlandia dan Belanda berbagi tempat  di peringkat ketiga dengan akses Perjalanan ke 192 destinasi.

Adapun, Inggris kini berada di peringkat keempat bersama Belgia, Luxembourg, Norwegia dan Portugal dengan kemudahan akses ke 191 destinasi. Sementara itu, AS tetap berada di peringkat ketujuh (188 destinasi). Satu dekade lalu, kedua negara berbagi posisi teratas. 

Uni Emirat Arab menjadi negara dengan indeks kenaikan tertinggi dalam 10 tahun terakhir. Negara tersebut naik dan menduduki posisi ke- 11 tahun ini dan menawarkan akses ke 183 destinasi tanpa visa. Tiongkok, yang naik dua peringkat pada tahun ini  menduduki peringkat ke-62, memiliki akses bebas visa ke 85 destinasi – hampir dua kali lipat dibandingkan 10 tahun lalu.

Meningkatnya kesenjangan mobilitas

Dr Christian Kaelin, Ketua Konsultan Imigrasi Henley & Partners, mengatakan meskipun tren umum selama bertahun-tahun mengarah pada kebebasan bepergian lebih besar, namun kesenjangan mobilitas global antara kelompok teratas dan terbawah dalam indeks tersebut semakin lebar dari sebelumnya. 

“Rata-rata jumlah destinasi yang dapat diakses wisatawan bebas visa meningkat hampir dua kali lipat dari 58 pada tahun 2006 menjadi 111 pada  2024,” katanya. “Namun, negara-negara peringkat teratas kini dapat melakukan perjalanan ke 166 negara tujuan bebas visa yang jauh lebih banyak dibandingkan Afghanistan, yang berada di peringkat terbawah dan hanya memiliki akses ke 28 negara tanpa visa.” 

Lima negara terbawah lainnya adalah Suriah – yang hanya memiliki akses bebas visa ke 29 negara – berada di peringkat kedua terendah. Irak dengan akses 31 destinasi, Pakistan akses ke 34 destinasi dan Yaman 35 destinasi.

Henley Passport Index adalah salah satu dari beberapa indeks yang dibuat oleh perusahaan untuk menentukan peringkat paspor global berdasarkan akses yang mereka berikan kepada warga negaranya. Lembaga ini membuat Indeks Paspor berdasarkan data dari International Air Transport Association (IATA).

Berikut rincian paspor terkuat di dunia pada 2024 menurut Henley Passport Index: 

  1.  Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Singapura, Spanyol (194 tujuan)
  2. Finlandia, Korea Selatan, Swedia (193 tujuan)
  3. Austria, Denmark, Irlandia, Belanda (192 tujuan)
  4. Belgia, Luksemburg, Norwegia, Portugal, Inggris (191 tujuan)
  5. Yunani, Malta, Swiss (190 tujuan)
  6. Republik Ceko, Selandia Baru, Polandia (189 tujuan)
  7. Kanada, Hongaria, Amerika Serikat (188 tujuan)
  8. Estonia, Lituania (187 tujuan)
  9. Latvia, Slovakia, Slovenia (186 tujuan)
  10. Islandia (185 tujuan)