BUSINESS

KoinWorks dan Wifkain Bidik Pembiayaan ke UMKM Fesyen Rp100 M

Pinjaman diberikan dengan skema buy now pay later.

KoinWorks dan Wifkain Bidik Pembiayaan ke UMKM Fesyen Rp100 MAktivitas pekeraja Wifkain (dok. Wifkain)

by Ekarina

24 August 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE -  Perusahaan fintech lending, KoinWorks, menggandeng Wifkain, cloud manufacturing and supply chain solution provider, menyediakan layanan pay later kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di industri fesyen.

Langkah ini dilakukan untuk menyediakan opsi pembayaran baru bagi para pengguna Wifkain, melanjutkan kemitraan ayanan supply chain financing yang pernah dilakukan sebelumnya pada 2022.

Melalui KoinPaylater, KoinWorks memberikan pinjaman dengan skema buy now pay later dengan plafon hingga Rp2 miliar kepada pelanggan Wifkain. Layanan ini dapat
digunakan oleh para mitra pabrik, konveksi, garmen, dan fashion brand Wifkain yang kini telah tersebar di Jawa, Bali, dan kota-kota besar di Sumatera dan Kalimantan.

Kementerian Perindustrian, sebelumnya menyatakan industri tekstil dan pakaian menjadi salah satu sektor prioritas dalam program Making Indonesia 4.0 yang akan terus berkembang.

CEO KoinWorks, Benedicto Haryono mengatakan, KoinWorks memperluas layanan bersama Wifkain untuk memberikan pinjaman yang lebih up to date dengan kebutuhan para pelaku UMKM saat ini. "Pasar industri fesyen, dari tekstil hingga menjadi sebuah fashion brand tentunya sangat besar. Dengan adanya KoinPaylater ini mereka bisa memperoleh bahan baku terlebih dulu, tanpa khawatir akan mengganggu keuangan,” ujarnya dalam keterangan, Kamis (24/8).

Target pinjaman Rp100 miliar

Sepanjang 2023, Wifkain sudah melayani bisnis fesyen retail dan wholesaler dengan lebih dari 200 mitra pabrik tekstil serta garmen.

CEO Wifkain, Sara Sofyan mengatakan, kolaborasi ini dilandasi oleh kesamaan misi dengan KoinWorks dalam mendukung UMKM. KoinPaylater juga memiliki kecepatan servis atau SLA yang cepat sehingga dapat memberikan solusi manufacturing yang mudah bagi para pelanggan.

"Kami menargetkan menyalurkan pinjaman paylater Rp100 miliar tahun ini, dan mengajak para pelaku usaha fesyen untuk bertumbuh dengan memanfaatkan kolaborasi ini,” kata Sara.

Dalam  kerjasama ini, KoinWorks dan Wifkain mengajak pemilik usaha fesyen, baik pemilik fashion brand, toko di marketplace, dan pelaku usaha lainnya untuk dapat menggunakan layanan paylater di platform Wifkain. Ke depan, KoinWorks terus memperluas penetrasi KoinPaylater melalui beberapa mitra strategis di berbagai industri dan daerah di Indonesia.