BUSINESS

KoinWorks Salurkan Rp52 Miliar Pembiayaan ke UMKM hingga Semester I

BNPL KoinWorks telah menjangkau sektor farmasi, pertanian.

KoinWorks Salurkan Rp52 Miliar Pembiayaan ke UMKM hingga Semester Iilustrasi KoinWorks (dok.koinworks.com)

by Ekarina

08 August 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - KoinWorks memperluas layanan pembiayaan kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui KoinPaylater. Hingga semester I 2023, total penyaluran pembiayaan KoinPaylater telah mencapai sebesar Rp52 miliar. 

Lini produk buy now pay later (BNPL) yang telah diluncurkan sejak kuartal keempat 2022. Dengan limit pinjaman hingga Rp2 miliar dan tenor maksimal 180 hari, KoinPaylater menawarkan proses pendaftaran yang mudah bagi calon mitra, sekaligus membuka peluang para mitra untuk menggaet pelanggan lebih luas.

KoinWorks telah menggandeng sejumlah mitra supplier barang, penyedia layanan marketplace, hingga pelaku bisnis B2B. Layanan BNPL KoinWorks ini telah menjangkau sektor farmasi, konstruksi, pertanian dan perikanan, FMCG, dan beberapa industri lainnya.

CEO dan Co-Founder KoinWorks, Benedicto Haryono mengatakan pembiayaan melalui produk pay later merupakan sebuah peluang baru untuk memberikan akses permodalan untuk kebutuhan UMKM. "Diharapkan semakin banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan KoinPaylater, sehingga pelanggannya bisa berbelanja dengan lebih nyaman, sekaligus mengatur cash flow usahanya dengan lebih baik,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (8/8).

Opsi pembiayaan UMKM

Benedicto mengatakan, KoinPaylater menjadi opsi pembayaran yang memungkinkan penggunanya untuk mengakses barang, bahan baku, ataupun keperluan operasional usaha dengan cepat dan aman. Inovasi ini juga selaras dengan misi Kementerian Koperasi dan UKM dalam transformasi digital, sehingga semakin banyak UMKM dapat mengakses layanan digital.

Salah satu mitra KoinPaylater, Tokban yang merupakan marketplace bahan bangunan melalui produknya bernama Tokban Paylater mengatakan KoinPaylater dapat mendukung UMKM yang mereka naungi.

“Fasilitas dari KoinWorks menjadi solusi bagi kami dalam memudahkan para pegiat usaha di bidang konstruksi, sesuai dengan misi kami untuk memudahkan pengguna. Banyak dari mereka yang kini bisa memperoleh kebutuhan seperti batu bata, semen, pipa PVC, dan lain-lain tanpa terkendala modal di awal,” kata Jordy Salim, CEO Tokban.