BUSINESS

Chery Mulai Produksi Mobil Listriknya, Omoda E5, di Indonesia

Omoda E5 mulai didistribusikan pada kuartal I-2024.

Chery Mulai Produksi Mobil Listriknya, Omoda E5, di IndonesiaAcara Roll Off Ceremony OMODA E5 ini dihadiri oleh Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. (Dok. Chery Indonesia)

by Eko Wahyudi

04 December 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - PT Chery Sales Indonesia (CSI), agen pemegang merek (APM) brand mobil asal Tiongkok, Chery, di Indonesia akan mulai memproduksi mobil listrik pertamanya di Asia Tenggara.

Mobil listrik yang sebelumnya dikenal sebagai Chery Omoda 5 EV berganti nama Omoda E5, dan akan diproduksi di pabrik completely knock down (CKD) Chery Indonesia, Pondok Ungu, Bekasi pada Desember 2023.

“Dimulainya produksi Chery OMODA E5 di Indonesia menjadi sebuah langkah nyata yang menunjukkan komitmen kami untuk mendukung transisi energi hijau di Indonesia,” kata President PT Chery Sales Indonesia, Chen Chunqing, dalam keterangannya yang dikutip Senin (4/12).

Dengan kesiapan produksi ini, artinya Chery Sales Indonesia juga telah siap untuk memenuhi jumlah Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sesuai aturan pemerintah.

Untuk itu, Chery akan bekerja sama dengan beberapa mitra lokalnya kompeten untuk memproduksi berbagai macam komponen Kendaraan Listrik di Indonesia. 

Mulai distribusi pada kuartal-I 2024

Executive Vice President PT Chery Sales Indonesia, Qu Jizong, mengatakan Omoda E5 merupakan mobil listrik yang dilengkapi teknologi baru, termasuk power train listrik yang efisien, baterai berkapasitas besar, dan fitur keselamatan canggih

Mobil ini diyakini akan menjadi pilihan menarik bagi konsumen Indonesia yang berhasrat untuk mencari kendaraan listrik.

Produksi Omoda E5 ini dijalankan tepat waktu sesuai yang perusahaan telah rencanakan. Hal ini dilakukan untuk dapat memenuhi jadwal pendistribusian kepada para pemesan yang akan dilakukan pada kuartal I-2024.

Kepastian jadwal produksi dan distribusi merupakan hal yang sangat dijaga oleh CSI sebagai salah satu cara membangun kepercayaan konsumen.

Oleh karena itu, CSI melengkapi infrastruktur produksinya dengan peralatan canggih khusus untuk perakitan kendaraan listrik agar kualitas produksi dapat berlangsung sesuai standarisasi global Chery.

Sejak kehadiran Omoda E5 pertama kali di GIIAS 2023 pada Agustus lalu, pemesanan pre-booking telah mencapai 400 unit.

Omoda E5 merupakan kendaraan EV pertama Chery untuk pasar global yang diharapkan akan dapat memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia yang ingin memulai gaya hidup mobilitas rendah emisi dengan dukungan motor listrik berdaya 120 kW dan baterai yang mampu menempuh jarak hingga 450 kilometer.