Comscore Tracker
BUSINESS

Erick Thohir: Garuda dan Citilink Siap Tambah Pesawat Jadi 120 Unit

DPR dan pemerintah telah setujui PMN ke Garuda.

Erick Thohir: Garuda dan Citilink Siap Tambah Pesawat Jadi 120 UnitMenteri BUMN, Erick Thohir. (Tangkapan layar)

by Eko Wahyudi

Jakarta, FORTUNE - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan PT Garuda Indonesia Tbk dan Citilink akan menambah jumlah pesawatnya. Langkah itu dilakukan sebagai bagian dari upaya untuk menekan harga tiket agar menjadi lebih murah.  

“Garuda setelah rekstrukturisasi PKPU ini akan mulai menambah jumlah pesawatnya kembali di mana yang sekarang Garuda dan Citilink jumlahnya hanya 61, di akhir tahun akan mencapai angka 120," kata Erick saat konferensi pers di Kantor Presiden yang disiarkan secara virtual, Rabu (24/8).

Pemerintah akan memberikan Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp7,5 triliun untuk mendukung aksi itu. Menurut Erick, pemberian bantuan PMN ini telah diputuskan sejak 1,5 tahun yang lalu sebelum pandemi Covid-19 merebak.

Tarif sewa pesawat akan sesuai harga pasar

Erick menyebut sederet kebijakan ini diharapkan dapat memperbaiki harga tiket pesawat secara nasional. Selain itu, Erick berjanji akan memastikan harga pesawat baru yang akan disewa Garuda sesuai dengan harga pasar. 

"Tidak harga yang seperti sebelumnya yang terindikasi, bahkan sudah ada istilah tersangka untuk kasus korupsi untuk di Garuda," katanya.

Pada April 2022, Panitia Kerja (Panja) Komisi VI DPR telah menyetujui pemberian PMN senilai Rp7,5 triliun dari pemerintah untuk Garuda Indonesia pada tahun anggaran 2022. Persetujuan itu disampaikan dalam pembacaan hasil rekomendasi Panja Penyelamatan Garuda Indonesia Komisi VI DPR.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, sebelumnya sudah sangat mengharapkan pencarian atas PMN Rp 7,5 triliun itu, yang dananya direncanakan bakal dimanfaatkan untuk mendukung rencana bisnis perseroan.

Arahan Jokowi terhadap mahalnya tiket pesawat

Persetujuan atas PMN Garuda ini juga disampaikan usai Presiden Jokowi menyinggung ihwal kenaikan harga tiket pesawat. Kala itu, dia memerintahkan Erick untuk segera menambah jumlah pesawat di maskapai penerbangan Garuda Indonesia.

Jokowi juga mengaku telah mendengar keluhan dari masyarakat mengenai tingginya harga tiket pesawat. Perintah yang diberikan kepada Erick juga diarahkan kepada Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. 

Related Articles