BUSINESS

Erick Thohir Tunjuk Rahmad Pribadi Jadi Bos Pupuk Indonesia

Sebelumnya Rahmad adalah Dirut Pupuk Kaltim.

Erick Thohir Tunjuk Rahmad Pribadi Jadi Bos Pupuk IndonesiaDirektur Utama PT Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi. (Dok: IDN Times)

by Eko Wahyudi

28 July 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, mengangkat Rahmad Pribadi sebagai Direktur Utama (Dirut) PT Pupuk Indonesia (Persero) menggantikan Bakir Pasaman yang telah menjabat sejak 2020. 

Pengangkatan itu berdasar atas Keputusan Menteri BUMN No. SK-212/MBU/07/2023 tanggal 27 Juli 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Direktur Utama Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pupuk Indonesia.

Sekretaris Perusahaan Pupuk Indonesia, Wijaya Laksana, menyatakan segenap keluarga besar Pupuk Indonesia mengapresiasi kinerja Bakir yang telah membawa Pupuk Indonesia mencapai kinerja yang baik. 

"Kami beserta seluruh jajaran dan staf siap mendukung [Rahmad] dan mewujudkan Pupuk Indonesia menjadi perusahaan Go Global,” ujar Wijaya dalam keterangan pers yang dikutip Jumat (28/7).

Rahmad sempat menjabat sebagai Direktur Utama PT Pupuk Kalimantan Timur pada 2020-2023, perusahaan yang merupakan anak usaha Pupuk Indonesia. Sebelumnya, dia juga pernah merasakan posisi Direktur Utama PT Petrokimia Gresik pada 2018-2020.

Moncer membawa Pupuk Kaltim

Saat memimpin PT Pupuk Kalimantan Timur, Rahmad berhasil membawa perusahaan tersebut untuk menggapai kinerja positif. Pada 2022 Pupuk Kaltim berhasil mengantongi laba bersih Rp14,5 triliun, naik dua kali lipat dari realisasi laba 2021 yang mencapai Rp6 triliun.

Capaian perusahaan ini didukung oleh pertumbuhan produksi dan penjualan. Perusahaan tercatat menghasilkan pupuk urea dan amonia sebesar 5,9 juta ton, dan membukukan penjualan pupuk 4,15 juta ton.

Pria kelahiran Yogyakarta pada 1970 ini merupakan alumni University of Texas, Harvard University, dan John F Kennedy School of Government. 

Susunan direksi Pupuk Indonesia yang baru

- Direktur Utama Rahmad Pribadi

- Wakil Direktur Utama Nugroho Christijanto

- Direktur Produksi Bob Indiarto

- Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Wono Budi Tjahyono

- Direktur Transformasi Bisnis Panji Winanteya Ruky

- Direktur SDM Tina T Kemala Intan

- Direktur Pemasaran Gusrizal

- Direktur Portofolio dan Pengembangan Usaha Jamsaton Nababan