BUSINESS

Industri Minuman Ringan Tumbuh 3,1 Persen pada 2023, AMDK Mendominasi

Banyak yang mengalami kontraksi.

Industri Minuman Ringan Tumbuh 3,1 Persen pada 2023, AMDK MendominasiKetua Umum Asosiasi Industri Minuman Ringan (ASRIM) Triyono Prijosoesilo saat konferensi pers terkait kinerja industri minuman ringan tahun 2023 dan tantangan 2024 di Jakarta, Rabu (13/3). Eko Wahyudi/FORTUNE Indonesia
by
13 March 2024

Fortune Recap

  • Industri minuman ringan tumbuh 3,1% secara tahunan pada 2023.
  • Pertumbuhan didominasi oleh air minum dalam kemasan (AMDK).
  • AMDK menyumbang 60% terhadap pertumbuhan di industri minuman.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Asosiasi Industri Minuman Ringan (ASRIM) mengungkapkan tingkat penjualan tahunan secara umum untuk industri minuman ringan mengalami pertumbuhan 3,1 persen pada 2023.

Ketua Umum Asosiasi Industri Minuman Ringan (ASRIM) Triyono Prijosoesilo mengatakan penyumbang utama pertumbuhan tersebut adalah air minum dalam kemasan (AMDK). 

Jika AMDK tidak diikutkan dalam industri ini, kata Triyono, pertumbuhan minuman ringan mengalami negatif 2,6 persen, katanya dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (13/3).

Triyono mengatakan berdasarkan kategori, AMDK sangat mendominasi dengan kontribusi 60 persen terhadap pertumbuhan dalam industri minuman. Urutan kedua adalah teh dalam kemasan.

Hal itu menjadi tantangan bagi pelaku usaha industri minuman agar ke depan penjualan berbagai kategori minuman bisa merata.

Setidaknya ada empat subsektor dalam industri ini: minuman berkarbonasi, minuman berenergi, sari buah, dan minuman berperasa.

"Kami melihatnya belum sustainable dan belum kuat karena masih bergantung pada satu kategori. Idealnya kategori-kategori lain bisa tumbuh, tapi nyatanya tidak," ujarnya.

Related Topics