BUSINESS

Perlu Diketahui Perbedaan SPBU Pertamina Warna Merah, Biru, dan Hijau

SPBU selalu dicari oleh pemakai kendaraan bermotor.

Perlu Diketahui Perbedaan SPBU Pertamina Warna Merah, Biru, dan HijauIlustrasi : petugas SPBU Pertamina sedang mengisi BBM. Dok. Pertamina

by Eko Wahyudi

14 September 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) tidak selalu dimiliki dan dioperasikan oleh PT Pertamina (Persero). Namun, SPBU Pertamina pasti dimiliki dan dioperasikan oleh perusahaan migas pelat merah itu. . Dalam kaitannya dengan pemenuhan kebutuhan energi kendaraan bermotor, SPBU memiliki peran penting.

Demi menjalankan peran itu, Pertamina telah mengembangkan jaringan SPBU yang luas di seluruh Indonesia. Itu membuatnya sebagai salah satu penyedia utama bahan bakar di negara ini. Dengan berbagai layanan dan inisiatif yang terus berkembang, SPBU Pertamina terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanannya.

Mungkin Anda pernah melihat bahwa beberapa SPBU Pertamina memiliki warna-warna berbeda, seperti merah, hijau, dan biru. Ternyata, perbedaan warna tersebut juga menandai pembedaaan pelayanan yang mereka berikan. Bagaimana mengetahui perbedaan tersebut? Mari simak selengkapnya.

SPBU warna merah

SPBU Pertamina berwarna merah disebut dengan SPBU Pasti Pas. Fasilitasnya memang tidak selengkap SPBU warna biru, tapi SPBU merah tetap memberikan pelayanan baik bagi para pengemudi yang membutuhkan bahan bakar dan fasilitas ketika mampir. 

SPBU Pasti Pas memiliki sertifikasi SPBU yang memenuhi persyaratan dan Pertamina Way. Pertamina Way merupakan SPBU biasa yang menjual berbagai produk bahan bakar mulai Premium, Pertamax, dan lainnya sebagai pelayanan serta fasilitas standar.

Fasilitas yang disediakan standar yakni toilet, tempat ibadah, isi angin, atau minimarket.

Selain fasilitas, SPBU warna merah juga menawarkan berbagai jenis bahan bakar, termasuk Pertalite (RON 90), Pertamax (RON 92), BioSolar, Dexlite, dan Pertamina Dex. 

SPBU warna biru

SPBU Pertamina dengan warna biru disebut sebagai SPBU Pasti Prima. Stasiun pengisian bahan bakar dari Pertamina ini menawarkan berbagai fasilitas yang lebih lengkap. 

Pada SPBU ini konsumen bisa memilih layanan one stop service yang disajikan. Dalam SPBU terdapat pelayanan non-fuel retail seperti LPG, pelumas, air & nitrogen hingga minimarket. Bahkan ada juga gerai makanan dan minuman, ATM, ataupun gerai otomotif seperti bengkel, dan jasa cuci kendaraan.

Di SPBU ini, pengendara dapat memilih bahan bakar dengan kualitas lebih tinggi, seperti Pertamax Turbo (RON 98).

Related Topics