BUSINESS

Winston Utomo: Pengusaha Muda Indonesia di Balik Kesuksesan IDN Media

Mimpi Winston dan IDN Media untuk Indonesia 2045

Winston Utomo: Pengusaha Muda Indonesia di Balik Kesuksesan IDN MediaFounder dan CEO IDN Media Winston Utomo (Dok. IDN Media)

by FeliciaFelicia

02 October 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Indonesia merupakan negara yang kaya akan potensi dan bakat-bakat muda yang mampu mengubah dunia. Namun, pemimpin yang sukses tidak hanya ditentukan oleh keterampilan atau kemampuan teknis semata. Mereka juga harus memiliki karakter dan attitude yang positif, optimis, dan fokus pada eksekusi.

Salah satu sosok pemimpin itu adalah Winston Utomo yang dikenal sebagai Founder dan CEO dari IDN Media, perusahaan media platform untuk Millennial dan Gen Z di Indonesia, dengan lebih dari 80 juta Monthly Active Users (MAU) serta memiliki visi mendemokratisasi informasi dan membawa dampak positif bagi masyarakat Indonesia. Kehidupannya menarik untuk dikulik karena ternyata perjalanan hidupnya berperan penting dalam membentuk growth mindset hingga ia berhasil memimpin IDN Media sampai di titik sekarang dan menjadi inspirasi bagi para Timmy, sebutan untuk karyawan IDN Media, dan Millennials dan Gen Z di seluruh Indonesia.

1. Tumbuh dan besar di Kota Pahlawan

Founder and CEO IDN Media (Dok. IDN Media)

Winston Utomo merupakan anak pertama dari dua bersaudara yang lahir pada tanggal 23 November 1990 di Surabaya, Indonesia. Ia tumbuh besar di Surabaya, ibukota provinsi Jawa Timur yang kental dengan nilai-nilai patriotisme dan cinta tanah air. Hidup jauh dari gemerlap ibukota metropolitan Jakarta menjadikan Winston akrab dengan nilai-nilai daerah dan semangat juang yang tinggi.

Setelah menyelesaikan pendidikan menengah atas di SMA Petra 1 Surabaya, rasa penasaran akan dunia luar membawa Winston melanjutkan studi di University of Southern California (USC) – Marshall School of Business di Los Angeles, Amerika Serikat. Ia memperoleh gelar sarjana (S1) Bachelor of Science. Setelah bekerja di St John Capital di San Francisco, Winston pun melanjutkan studinya dengan mengenyam pendidikan pasca sarjana (S2) di sebuah universitas ternama dunia yang termasuk bagian dari Ivy League, yaitu Columbia University, New York dan memperoleh gelar Master of Science. 

2. Inspirasi dalam semalam yang mengubah segalanya

Founder dan CEO IDN Media Winston Utomo (Dok. IDN Media)