Comscore Tracker
BUSINESS

MoU Adalah : Pengertian, Jenis dan Tujuan 

Ini tujuan dilaksanakannya MoU.

MoU Adalah : Pengertian, Jenis dan Tujuan Ilustrasi kerja sama. (Pixabay/Tumisu)

by Suheriadi

Jakarta,FORTUNE - Dalam melakukan kerja sama, biasanya pihak-pihak yang bersepakat akan menandatangani Memorandum Of Understanding (MoU). Lantas apa itu MOU dan apa saja jenis jenis MOU? 

Dilansir dari laman resmi Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, MOU memiliki arti nota kesepahaman, nota kesepakatan, perjanjian pendahuluan ataupun perjanjian kerja sama. Berdasarkan Pasal 1338 KUHP, MoU atau nota kesepahaman ini sering digunakan pada pembuatan kontrak, terlebih sebuah kontrak bisnis. 
 

Pengertian Memorandum Of Understanding (MoU)

MoU adalah sebagai bukti tertulis antar kedua belah pihak untuk melakukan suatu kerja sama bisnis. 

Biasanya MoU dibuat sebelum kedua pihak menandatangani langsung kontrak kerjasama bisnis. Hal tersebut terjadi lantaran adanya beragam hal yang mungkin masih perlu ditambah dan dipenuhi.

Lazimnya MoU ditandatangani langsung oleh pimpinan perusahaan ataupun pucuk tertinggi pemimpin suatu negara yang disaksikan oleh jajaran direksi di bawahnya.

Tujuan MoU

Dalam penandatanganan MoU tentu memiliki tujuan tersendiri dari seluruh pihak yang akan memulai kerja sama. Dibuatnya nota kesepahaman juga sangat berguna untuk mengadakan hubungan hukum. 

Selain itu, terdapat beberapa alasan dan tujuan dalam pelaksanaan MoU pada transaksi suatu bisnis. Salah satunya ialah negosiasi yang cukup sulit. Oleh karena itu, MoU dibuat guna menciptakan ikatan yang sifatnya berlaku sementara. 

Selain itu, masih adanya keraguan dari masing-masing pihak untuk perjanjian juga menjadi tujuan tersendiri dilakukannya MoU.

Ini jenis MoU menurut negara

Selain antar kedua belah pihak baik perusahaan maupun swasta, MoU juga bisa dilakukan antar negara. Tercatat ada dua jenis MoU menurut negara yang membuatnya yakni MoU bersifat nasional maupun bersifat internasional. 

MoU yang bersifat nasional ialah kedua pihak yang merupakan warga negara atau badan hukum di Indonesia. Sebagai contoh kerja sama PT dengan Pemerintah Daerah ataupun Pemerintah Pusat dan sebaliknya. 

Selain itu terdapat pula MoU yang bersifat internasional, yakni adalah MOU yang dibuat oleh pemerintah Indonesia dengan pemerintah negara asing. Atau biasanya juga dilakukan antara badan hukum Indonesia dengan badan hukum negara asing. Itulah pengertian dari MoU yang harus kamu ketahahui. Semoga bisa membantu.

Related Articles