BUSINESS

Mantan Eksekutif Astra, Fransiscus Soerjopranoto Jadi COO Hyundai

Ini profil Fransiscus Soerjopranoto.

Mantan Eksekutif Astra, Fransiscus Soerjopranoto Jadi COO HyundaiFransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer (COO) PT Hyundai Motors Indonesia.

by Tanayastri Dini Isna KH

01 August 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Hyundai Motors Indonesia (HMID) mengumumkan Chief Operating Officer (COO) baru, yakni Fransiscus Soerjopranoto. Pria bergelar doktor bidang manajemen dari Universitas Indonesia ini mulai efektif menjabat per Selasa (1/8).

Dengan status tersebut, Fransiscus mengemban tugas mengembangkan strategi operasional, inovasi manajemen pemasaran, kinerja penjualan, hingga layanan pascapenjualan (after sales) guna memperkuat posisi Hyundai di industri.

“Dengan latar belakang di industri otomotif selama puluhan tahun, kehadiran Fransiscus Soerjopranoto diharapkan dapat membawa Hyundai sebagai perusahaan yang akan lebih berkembang lagi ke depannya,” kata Presiden Direktur PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cha melalui keterangan resminya, Selasa.

Fransiscus sendiri telah bergerak di bidang otomotif selama lebih dari 28 tahun. Adapun, berikut ini ringkasan profil Fransiscus Soerjopranoto dan ringkasan perjalanan kariernya di industri otomotif Indonesia, sebelum menjadi COO Hyundai Motors Indonesia.

Profil Fransiscus Soerjopranoto, eks bos Toyota Astra Motor (TAM)

Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer (COO) PT Hyundai Motors Indonesia.

Jabatannya sebelum di Hyundai adalah Executive General Manager atau Deputy Director di PT Toyota Astra Motor, bagian dari lini bisnis PT Astra International Tbk (ASII). Ia menduduki posisi tersebut selama 17 tahun 5 bulan, sejak April 2006.

Sebelum itu, Fransiscus juga sempat menekuni posisi Branch Manager ASII selama 10 tahun 6 bulan, tepatnya mulai November 1995 sampai dengan April 2006.

Fransiscus dikenal menguasai sejumlah keterampilan, di antaranya: negosiasi, perencanaan bisnis, perencanaan strategi, strategi pemasaran, dan manajemen penjualan, sebagaimana dilansir dari laman resmi LinkedIn-nya. Lebih lanjut, dari pengalaman hampir tiga dekade di industri, dia juga menguasai perencanaan produk, layanan pascapenjualan strategi manajemen penjualan, dan pengelolaan jaringan dealership.

Fransiscus berujar, “Kehadiran Hyundai di Indonesia selama tiga tahun terakhir telah berkembang  pesat dengan berbagai gebrakan dan inovasi yang dihadirkan di dunia otomotif hingga  menjadi salah satu pelaku penting di industri otomotif. “

Adapun, Hyundai Motors Indonesia berdiri pada 2020. Perusahaan adalah anak usaha dan distributor resmi dari Hyundai Motor Company untuk produk mobil komersial Hyundai di Indonesia. Saat ini, HMID sudah membangun 130 dealer yang tersebar secara nasional di Indonesia.