Comscore Tracker
FINANCE

Waspadai 7 Kesalahan Berinvestasi yang Kerap Sebabkan Kerugian

Berinvestasi harus dilakukan dengan perhitungan matang.

Waspadai 7 Kesalahan Berinvestasi yang Kerap Sebabkan KerugianShutterstock/Know How

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

07 March 2023

Jakarta, FORTUNE – Berinvestasi adalah solusi mengelola keuangan untuk menghasilkan keuntungan atau membuat sebuah aset menjadi lebih bernilai. Namun, tak jarang dalam berinvestasi seseorang melakukan kesalahan-kesalahan yang bisa menyebabkan kerugian.

Melansir laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK), investasi diartikan sebagai upaya membelanjakan sejumlah uang atau dana pada satu instrumen yang ditujukan untuk mendapatkan keuntungan masa depan. Instrumen tersebut dapat berupa saham, properti, emas, atau bentuk lainnya.

Untuk mengantisipasi risiko kerugian besar saat berinvestasi, Anda perlu memahami apa saja hal yang harus dihindari. 

Berikut ini, Fortune Indonesia akan mengulas beberapa kesalahan yang seringkali dilakukan dalam berinvestasi dan berimbas terhadap kerugian materi maupun aset yang Anda miliki. 

Tak memiliki tujuan jelas

ilustrasi : investasiShutterstock/ITTIGallery

Menentukan tujuan berinvestasi adalah hal dasar yang perlu Anda lakukan. Hal ini  akan berdampak pada pilihan investasi yang akan Anda lakukan termasuk mewaspadai risiko yang dapat ditimbulkan. Misalnya, Anda ingin berinvestasi untuk persiapan hari tua, maka Anda dapat memilih instrumen investasi jangka panjang, seperti logam mulia. Masalahnya, banyak investasi yang dilakukan dengan tujuan tak jelas dan hanya sekadar ikut tren yang terjadi, ini bahaya dan rentan mengakibatkan kerugian.

Tak realistis pada risiko

Investasi emas, salah satu instrumen yang dinilai aman.Pixfiction/Shutterstock

Related Topics