FINANCE

3 Cara Mengembalikan Uang yang Salah Transfer di BCA

Tak perlu panik saat salah transfer di BCA.

3 Cara Mengembalikan Uang yang Salah Transfer di BCAIlustrasi Flazz BCA dan BCA Mobile app/Dok. BCA.co.id
16 October 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Salah transfer uang kerap dialami oleh nasabah. Kasus salah transfer uang sering dialami oleh nasabah BCA, baik melalui mesin ATM maupun mobile banking. Karenanya perlu diketahui bagaimana cara mengembalikan uang yang salah transfer di BCA

Ada berbagai penyebab kesalahan transfer uang ke rekening lain. Kesalahan transfer bisa terjadi karena ketidaktelitian memasukkan nomor rekening tujuan. Tak hanya itu, kesalahan bisa terjjadi karena nasabah tidak memeriksa ulang nama dan nomor rekening tujuan. 

Apabila Anda sedang mengalami masalah ini, ada cara mengembalikan uang yang salah transfer BCA dengan mudah dan aman. Apabila Anda salah transfer, ada kemungkinan uang Anda bisa kembali.

Ada aturan hukum yang menjelaskan kewajiban bagi penerima uang untuk mengembalikan uang yang bukan haknya saat terjadi salah transfer.

Undang-Undang Nomor 3 Pasal 85 Tahun 2011 menjelaskan tentang “Setiap orang yang dengan sengaja menguasai dan mengakui sebagai miliknya dana hasil transfer yang diketahui atau patut diketahui bukan haknya, akan dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 tahun atau denda paling banyak Rp5 miliar,”.

Lalu, bagaimana cara mengembalikan uang yang salah Transfer di BCA? Pahami tahapan berikut ini agar bisa menemukan solusi dan uang Anda bisa kembali.

Melapor ke call center BCA atau kantor cabang

Solusi pertama sebagai cara mengembalikan uang yang salah transfer di BCA adalah langsung menelepon call center Halo BCA di 1500888. Anda juga dapat datang langsung ke kantor cabang terdekat dan membuat laporan keluhan nasabah.

Sampaikan kepada satpam terkait kendala yang dialami. Kemudian petugas akan mengarahkan ke bagian customer service untuk mengangani keluhan nasabah. Siapkan pula beberapa dokumen pendukung seperti KTP, KK, buku tabungan, kartu ATM, dan sebagainya untuk verifikasi data.

Sampaikan kronologi secara detail

Saat menelepon ke call center BCA atau datang ke kantor cabang bank BCA terdekat, Anda perlu menyampaikan kronologi salah transfer uang yang dialami secara jelas dan mendetail.

berikan informasi informasi kepada pihak bank tentang nama dan nomor rekening pengirim dan penerima, waktu transfer uang, hingga metode kesalahan transfer, apakah Anda salah melalui ATM atau mobile banking.

Siapkan dokumen pendukung yang diminta, agar pihak bank dapat melakukan proses verifikasi untuk menindaklanjuti keluhan kesalahan transfer. Proses verifikasi tersebut juga dilakukan untuk melihat riwayat pengiriman uang pada waktu tertentu.

Related Topics