FINANCE

5 Cara Mengatasi Token Listrik Gagal Masuk ke Meteran

Cek penyebab token listrik gagal masuk ke meteran.

5 Cara Mengatasi Token Listrik Gagal Masuk ke MeteranIlustrasi meteran listrik/Dok. PLN
24 October 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE  -  Cara mengatasi token listrik gagal masuk ke meteran sering kali menjadi pertanyaan karena kerap dialami pengguna layanan listrik prabayar.

Ketika token listrik masuk ke meteran, tentu pengguna khawatir token akan habis dan listrik bisa padam. Akan tetapi, sebenarnya penyebab token listrik gagal masuk ke meteran sangat beragam. Cari tahu dahulu penyebab gagalnya, misalnya apakah meteran listrik rusak, server PLN yang mengalami eror, salah mengisi ID token, dan sebagainya.

Penyebab lainnya yang perlu Anda cermati adalah meteran listrik yang over limit. Dalam kasus ini, pengguna perlu mengetahui batas kwh listrik. Misalnya, jika pengguna membatasi penggunaannya di 1000 kwh, maka otomatis tidak bisa mengisi token listrik lebih dari nominal tersebut dan otomatis pengisian token listrik akan gagal.

Apabila pengisian token listrik gagal, tetaplah tenang dan jangan memasukkan angka secara berulang, tetapi ketahui dahulu apa penyebabnya.

Dengan mengetahui penyebab token listrik gagal masuk ke meteran, maka pengguna bisa menemukan solusi tepat untuk menyelesaikannya. Berikut ini kami rangkum beberapa cara mengatasi token listrik gagal masuk ke meteran.

Reset meteran listrik

Cara mengatasi token listrik gagal masuk ke meteranyang pertama adalah mereset meteran. Langkah ini sebaiknya dicoba untuk dilakukan, berikut langkah-langkah yang bisa Anda coba.

  • Tekan 00 dan tombol enter untuk mereset meteran listrik.
  • Tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.
  • Masukkan kembali nomor token PLN dengan benar. Pastikan Anda tidak melewatkan satu angka pun.
  • Tekan tombol enter dan tunggu sampai beberapa saat.
  • Token akan terisi secara otomatis.

Menghubungi Call Center PLN

Setelah melakukan reset meteran listrik, tetapi Anda masih gagal mengisi token maka sebaiknya mengajukan aduan langsung ke Call Center PLN.

Call Center PLN dapat dihubungi di nomor 123, setelah terhubung sampaikan keluhan Anda.

Pihak PLN akan membantu dan memberikan instruksi untuk memperbaiki masalah token listrik yang gagal masuk ke meteran.

Apabila kerusakannya parah, PLN akan mengirimkan tim untuk memperbaiki meteran listrik Anda agar token listrik bisa diisi lagi di kemudian hari.

Related Topics