Comscore Tracker
FINANCE

Apa itu Kartu Kredit?

Tips memilih dan menggunakan kartu kredit

Apa itu Kartu Kredit?ilustrasi uang giral (pexels.com/Pixabay)

by Hendra Friana

Jakarta, FORTUNE - Penggunaan kartu kredit cukup populer di Indonesia terutama untuk kelas menengah ke atas. Tak hanya memberikan kemudahan bertransaksi, kartu kredit juga dapat digunakan untuk mengatur pengeluaran atau manajemen keuangan. Lantas apa itu kartu kredit?

Mengutip situs resmi Bank Indonesia (BI) kartu kredit adalah alat pembayaran menggunakan kartu (APMK) yang dapat digunakan untuk transaksi pembelanjaan dan/atau untuk melakukan penarikan tunai.

Dalam hal ini, kewajiban pembayaran pemegang kartu dipenuhi terlebih dahulu oleh acquirer atau penerbit kartu kredit, dan pemegang kartu berkewajiban untuk melakukan pembayaran pada waktu yang disepakati baik dengan pelunasan secara sekaligus (charge card) ataupun dengan pembayaran secara angsuran.

Meski memberikan kemudahan dalam melakukan pembayaran transaksi keuangan, BI juga mengimbau masyarakat untuk memperhatikan biaya dan risiko yang mungkin timbul dalam penggunaannya.

Pasalnya, penelitian membuktikan bahwa konsumen memiliki kecenderungan untuk berbelanja lebih banyak ketika menggunakan kartu kredit daripada ketika mereka menggunakan uang tunai.

Karena itu, BI menyarankan agar calon pengguna kartu kredit berpikir matang-matang sebelum mengajukan aplikasi pembukaan kartu kredit. Sebab, kartu kredit memang lebih baik disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Selain itu, akan lebih baik jika pengguna dapat memastikan terlebih dahulu kemampuan mereka dalam membayar tagihan kartu kredit tersebut.

Saran lainnya yang disampaikan bank sentral adalah untuk tidak menggunakan kartu kredit untuk melunasi utang yang telah ada sebelumnya. Soalnya, dengan menggunakan kartu kredit, Anda dapat terikat pada bunga dan biaya lainnya yang jumlahnya akan lebih membebani anda dalam jangka waktu panjang.

Jika Anda terjebak dalam utang, BI menyarankan untuk menemui konsultan keuangan atau memanfaatkan kredit tanpa bunga atau memiliki tingkat bunga yang rendah untuk melunasinya.

Memilih Penerbit Kartu Kredit

Untuk menentukan kartu kredit seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan, Anda disarankan untuk membandingkan penawaran penerbit kartu kredit yang satu dengan yang lain. Beberapa hal yang dapat menjadi perhatian dalam pemilihan kartu kredit tersebut di antaranya tingkat bunga yang harus dibayarkan, besaran biaya dan denda, serta perhitungan minimum pembayaran tagihan setiap bulannya.

Selain itu, pembanfingan itur yang dimiliki kartu kredit juga penting untuk dipertimbangkan antara lain seperti fitur keamanan (misalnya adanya konfirmasi melalui SMS saat melakukan transaksi); fitur kenyamanan dalam melakukan pembayaran (misalnya memiliki metode pembayaran yang beragam); dan fitur lainnya yang menguntungkan bagi konsumen.​

Kemudian, tips lainnya adalah memastikan pembayaran tagihan kartu kredit dilakukan tepat waktu setiap bulannya. Karena itu, jagalah pengeluaran anda sesuai dengan kemampuan keuangan anda sehingga Anda dapat mengelola pembayaran tagihan kartu kredit anda dengan baik.

Pastikan limit kartu kredit anda telah sesuai dengan kebutuhan anda dan dapat dikelola dengan baik. Jika, Anda memiliki lebih dari 1 (satu) kartu kredit maka cara pembayaran yang dapat anda pertimbangkan adalah membayar terlebih dahulu tagihan Kartu Kredit yang memiliki tingkat bunga paling tinggi, serta melunasi kartu kredit anda yang memiliki tagihan terkecil untuk meminimalisir pembayaran bunga dan biaya​.

Selanjutnya usahakan untuk hanya menggunakan salah satu kartu kredit anda apabila diperlukan.

Related Articles