Comscore Tracker
FINANCE

5 Asuransi Kendaraan Terbaik di Indonesia

Lindungi kendaraan dari kejadian yang tak diinginkan.

5 Asuransi Kendaraan Terbaik di IndonesiaIlustrasi Kendaraan Banjir/ Dok Allianz

by SuheriadiSurti

Jakarta, FORTUNE - Memasuki penghujung tahun, negara beriklim tropis seperti Indonesia mulai memasuki musim hujan. Musim hujan sedikit banyak berpengaruh pada mobilitas masyarakat, yang mana sebagian besar mengandalkan kendaraan bermotor, terutama mobil, untuk memudahkan mobilitas setiap harinya.

Sebagai pemilik kendaraan, Anda harus memahami risiko yang harus siap dihadapi kapan saja. Oleh karena itu, asuransi kendaraan dinilai menjadi penting bagi setiap pemilik kendaraan.

Apa itu asuransi kendaraan?

Asuransi kendaraan adalah sebuah upaya untuk melindungi pemilik kendaraan dari dampak finansial yang mengancam saat kendaraan mengalami kerusakan atau bahkan hilang. 

Namun, memunculkan kesadaran mengenai betapa pentingnya menyiapkan proteksi terhadap kendaraan bukanlah perkara yang mudah. 

Kendaraan bermotor, seperti mobil atau motor, dinilai sebagai salah satu aset guna yang memiliki nilai ekonomis. Ketika suatu saat terdapat kebutuhan yang mendesak, kendaraan bermotor adalah salah satu aset yang dapat dengan cepat dijual atau dijadikan jaminan untuk pinjaman. 

Sehingga, apabila terjadi sesuatu pada kendaraan seperti kerusakan atau bahkan kehilangan, Anda sama saja akan kehilangan sejumlah uang yang cukup besar.

Jenis-jenis asuransi kendaraan

Terdapat dua jenis asuransi kendaraan berdasarkan cakupan manfaat, yakni comprehensive dan total loss only

  1. Jenis asuransi Comprehensive (All Risk) akan menanggung kerusakan kecil maupun besar, sesuai yang tertulis dalam polis asuransi. 
  2. Jenis asuransi Total Loss Only (TOL) hanya akan menanggung bila kendaraan hilang atau dinilai mengalami 75 persen kerusakan serta penggantian akan dilakukan sesuai dengan nilai kendaraan dihitung dari lama pemakaian. 

Kedua jenis asuransi kendaraan tersebut menawarkan manfaat dasar, tetapi belum memberikan pertanggungan atas kerusakan yang disebabkan oleh risiko khusus, seperti terendam banjir, gempa bumi, letusan gunung berapi, aksi masa, dan kerusuhan. 

Oleh karena itu, pemilik kendaraan patut mempertimbangkan perluasan manfaat perlindungan banjir pada asuransi kendaraan mereka untuk menambah ketenangan pikiran, khususnya mengingat saat ini sudah memasuki musim hujan yang rawan banjir.

5 asuransi kendaraan terbaik

Apabila Anda tertarik untuk mulai mengasuransikan kendaraan Anda, berikut ini terdapat rekomendasi asuransi kendaraan terbaik yang sekiranya bisa dicoba.

1. Asuransi AXA Mandiri

Asuransi AXA Mandiri merupakan asuransi kendaraan yang berasal dari perusahaan Mandiri AXA General Insurance (MAGI).

Adapun untuk preminya sendiri cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp45 ribuan per bulan untuk harga premi Total Loss Only (TOL), hingga Rp194 ribuan per bulan khusus polis All Risk.

2. Adira Autocillin

Asuransi kendaraan terbaik selanjutnya datang dari Adira Autocillin. Ini merupakan produk asuransi khusus mobil yang disediakan oleh PT Zurich Insurance. 

Adira Autocillin menyediakan pelayanan 24 jam, sehingga dapat membantu bila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut. Adapun premi TLO yang ditawarkan perusahaan ini Rp71 ribuan per bulan dan Rp281 ribuan per bulan untuk premi All Risk.

3. Tugu Insurance

Asuransi kendaraan mobil datang dari Tugu Insurance atau Tugu Pratama Indonesia. Harga asuransi kendaraan TOL mulai dari Rp 35 ribuan per bulan dan untuk premis All Risk berkisar Rp175 ribuan per bulannya.

4. Asuransi Sinar Mas Mobil

Asuransi kendaraan terbaik yang bisa Anda coba adalah Asuransi Sinar Mas Mobil. Adapun polis TOL mulai dari Rp35 ribuan dan All Risk mulai harga Rp175 ribuan. Produk asuransi ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki mobil dengan usia 12 tahun ke atas.

5. Asuransi ACA

Apabila Anda memiliki mobil dengan usia hingga 7 tahun, asuransi ACA cocok bagi Anda. Adapun premi TLO mulai dari Rp48 ribuan per bulan dan polis All Risk berkisar harga Rp218 ribuan per bulan.

Itulah tadi artikel lengkap mengenai jenis dan lima asuransi kendaraan terbaik di Indonesia. Kendaraan adalah aset dan memiliki nilai ekonomis didalamnya. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk mulai melindungi kendaraan Anda melalui asuransi.

Related Articles