FINANCE

BPR Bangkrut Terus Bertambah, LPS Siapkan Likuidasi BPR Usaha Madani

BPR Usaha Madani Karya alami keuangan tidak sehat.

BPR Bangkrut Terus Bertambah, LPS Siapkan Likuidasi BPR Usaha MadaniProses Pembayaran Simpanan BPR Karya Remaja Indramayu (BPR KRI) dari LPS/Dok LPS

by Suheriadi

06 February 2024

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Setelah dua Bank Perekonomian Rakyat (BPR) bangkrut di Januari 2024, kini ada satu lagi BPR yang tumbang di awal Februari 2024. 

BPR yang bangkrut itu ialah PT BPR Usaha Madani Karya Mulia yang telah dicabut izin usahanya oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 5 Februari 2024. BPR ini beralamat di Jalan Bhayangkara No. 13, Kel. Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah. 

"Pencabutan izin usaha BPR Usaha Madani Karya Mulia merupakan bagian tindakan pengawasan yang dilakukan OJK untuk terus menjaga dan memperkuat industri perbankan serta melindungi konsumen," kata Kepala OJK Solo, Eko Yunianto melalui keterangan resmi yang dikutip di Jakarta, Selasa (6/2). 

BPR Usaha Madani Karya alami keuangan tidak sehat

Proses Likuidasi BPR Bagong Inti Marga di Banyuwangi/Dok LPS

Sebelumnya, pada 4 April 2023, OJK telah menetapkan PT BPR Usaha Madani Karya Mulia dalam status pengawasan bank dalam penyehatan dengan pertimbangan Tingkat Kesehatan (TKS) memiliki predikat Kurang Sehat. 

Kemudian pada 12 Januari 2024, OJK menetapkan PT BPR Usaha Madani Karya Mulia dalam status pengawasan Bank Dalam Resolusi dengan pertimbangan bahwa OJK telah memberikan waktu yang cukup kepada pengurus dan pemegang saham untuk melakukan upaya penyehatan termasuk mengatasi permasalahan permodalan dan likuiditas. Namun demikian Direksi dan Dewan Komisaris serta Pemegang Saham BPR tidak dapat melakukan penyehatan BPR. 

LPS imbau nasabah tenang

Petugas LPS Memasangi Pengumuman Bank Gagal di Bali/Dok LPS

Related Topics