FINANCE

Dapat Suntikan Modal, BNI Finance Melaju Salurkan Pembiayaan Rp3,19 T

Aset melesat 272% jadi Rp3,79 triliun.

Dapat Suntikan Modal, BNI Finance Melaju Salurkan Pembiayaan Rp3,19 TIlustrasi Layanan BNI Finance/Dok BNI

by Suheriadi

18 January 2024

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - PT BNI Finance berhasil membukukan pertumbuhan yang positif sepanjang 2023. Hal tersebut tercermin dari penyaluran pembiayaan yang mencapai  Rp3,19 triliun. Angka tersebut meningkat 7,5 kali dibandingkan kinerja perseroan di tahun sebelumnya yang membukukan pembiayaan sebesar Rp422 miliar. 

Direktur Utama BNI Finance Yenanto Siem mengungkapkan, realisasi pencapaian kinerja ini juga merupakan komitmen perseroan untuk memberikan performa terbaik setelah efektif mendapat suntikan modal dari induk usaha dengan total Rp800 miliar pada semester kedua 2023. 

"Kinerja yang dicapai selama 2023 ini merupakan bukti atas keberhasilan transformasi yang dilakukan oleh BNI Finance. Serta  pencapaian ini merupakan fondasi yang kuat bagi kami untuk terus bertumbuh dan menunjukan eksistensi di industri pembiayaan Indonesia, serta terus memberi kontribusi positif pada kinerja BNI Group,” kata Yenantomelalui keterangan resmi yang dikutip di Jakarta, Kamis (18/1). 

Aset melesat 272% jadi Rp3,79 triliun

Menara BNI Pejompongan JakartaMenara BNI Pejompongan/ Dokumen BNI

Lebih lanjut, Yenanto Siem memaparkan, BNI Finance juga berhasil membukukan aset sebesar Rp3,79 triliun atau meningkat 272 persen dibandingkan dengan 2022 yang mencatatkan aset sebesar Rp1,02 triliun. 

Peningkatan aset ini dipacu oleh keberhasilan BNI Finance dalam memperbesar porsi segmen pembiayaan konsumer dan memperluas jaringan pemasaran. 

Ekspansi pembiayaan juga diimbangi dengan penerapan manajemen risiko yang prudent dan tercermin dari angka non performance financing (NPF) yang mencapai 0,07 persen pada 2023, membaik dibanding NPF tahun sebelumnya sebesar 0,92 persen. 

Siap perluas jaringan kantor di 2024

Pengunjung padati pameran otomotif GIIAS 2023Pengunjung padati pameran otomotif GIIAS 2023 / dok. Seven Event