Comscore Tracker
FINANCE

Ingin Ajukan Kredit tapi Skor Kredit Buruk? Ini Tips untuk Perbaiki

Periksa credit report secara berkala sebelum ajukan kredit.

Ingin Ajukan Kredit tapi Skor Kredit Buruk? Ini Tips untuk PerbaikiIlustrasi Teller Bank Hitung Uang/ Dok Perusahaan BTN

by Suheriadi

Jakarta,FORTUNE – Tren jumlah rekening kredit perbankan kian meningkat hingga Maret 2022. Berdasarkan data Bank Indonesia (BI), perbandingan jumlah rekening kredit bank mencapai 542 per 1.000 penduduk dewasa pada Maret 2022. Jumlah tersebut lebih tinggi dari bulan sebelumnya yang mencapai 500 per 1.000 penduduk. 

Peningkatan rekening kredit bank menunjukkan perbaikan akses terhadap layanan keuangan kepada masyarakat. Seiring dengan pemulihan ekonomi, permintaan terhadap kredit juga ikut bangkit. Rekening Kredit meliputi Kredit Investasi, Kredit Usaha Rakyat (KUR), Kredit Perumahan, Kredit Kendaraan Bermotor, Kartu Kredit, Kredit Tanpa Agunan (KTA). Namun, sebelum menyetujui pengajuan pinjaman dari seorang debitur, tentu pihak bank perlu mempertimbangkan skor kredit dari masing-masing para debitur. 

Skor kredit merupakan sistem penilaian kredit yang diberikan Lembaga Pengelola Informasi Kredit (LPIP) kepada nasabah untuk memudahkan bank atau jasa penyedia kredit lainnya dalam menyeleksi kemampuan calon nasabah melunasi pinjaman yang diberikan. Perhitungan skor menggunakan data kredit yang salah satunya diperoleh dari Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menjadi sumber data kredit LPIP. 

“Skor kredit menjadi salah satu pertimbangan ketika mengajukan permohonan kredit. Jika skor kredit baik, semakin besar kemungkinan pengajuan kredit diterima. Namun, jika skor kredit buruk, masih ada kesempatan untuk diperbaiki,” jelas Direktur Utama IdScore, Yohanes Arts Abimanyu, melalui keterangan resmi di Jakarta, Kamis (7/7). 

Lantas bagaimana jika skor kredit kita buruk? Berikut tips agar bisa memperbaiki score kredit masyarakat.

Perhatikan jatuh tempo tagihan

Dalam mengajukan kredit, ada waktu tertentu ketika cicilan harus dibayar sebelum jatuh tempo. Hal tersebut ditujukan untuk menghindari penilaian kredit buruk. Calon kreditur harus memerhatikan hal itu saat mengajukan kredit.

“Tagihan yang dibayar tepat waktu tidak hanya membantu pihak bank, melainkan juga debitur. Riwayat kredit yang baik berpengaruh pada skor kredit. Ini memudahkan debitur jika ingin mengajukan kredit di kemudian hari,” ujar Abimanyu.

Lunasi tagihan yang menunggak

Calon kreditur juga bisa membuat list tunggakan berdasarkan waktu jatuh tempo. Hal tersebut bisa dimulai dengan melunasi tunggakan terlama. Kita juga bisa membuat daftar berdasarkan nominal. 

Abimanyu menambahkan nominal kecil bisa dilunasi dengan segera dan nominal besar sesuai dengan kemampuan finansial. Upayakan untuk tidak mengajukan kredit baru jika masih terdapat tunggakan.

Memeriksa credit report secara berkala

Credit report merupakan laporan kredit debitur selama menjalani aktivitas kredit yang berisikan informasi lengkap terkait identitas debitur seperti profil kredit, sejarah kredit, hingga skor kredit. Credit report ini dapat diperoleh dengan mendatangi kantor OJK atau LPIP lainnya.  

Cara yang lebih mudah dalam memperoleh credit report adalah mengajukan secara online lewat website myidscore.id. Cukup mengisi informasi data diri seperti KTP, kartu keluarga dan nomor kartu kredit, kita bisa mendapatkan data dalam waktu kurang dari 10 menit.  

Data credit scoring dari IdScore akan memperlihatkan laporan historis kredit yang dapat menjadi gambaran profil risiko dan reputasi keuangan calon kreditur. Data tersebut juga bisa memprediksi kemungkinan adanya gagal bayar dari calon kreditur.  

Related Articles