FINANCE

Ini Daftar Pinjol yang Paling Besar Salurkan Pinjaman, Siapa Juaranya?

SPinjam Shopee menyalurkan pinjaman tertinggi di Rp4,43 T.

Ini Daftar Pinjol yang Paling Besar Salurkan Pinjaman, Siapa Juaranya?Ilustrasi Pinjol. (ShutterStock/conrado)

by Suheriadi

29 December 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Pada tahun 2023, industri fintech P2P lending atau pinjaman online (Pinjol) menjadi salah satu sektor yang menarik perhatian masyarakat. Meski dibayangi oleh sejumlah kasus oknum debt collector hingga bunga pinjaman yang cukup tinggi, nyatanya pinjol mampu memberikan kemudahan pembiayaan di masyarakat dengan cepat.

Industri ini mencatat peningkatan aset yang cukup mencolok, meningkat sebesar 29,96 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) menjadi Rp7,42 triliun. Perinciannya, sekitar Rp7,28 triliun berasal dari aset penyelenggara yang menjalankan sistem konvensional, sementara sisanya, sebesar Rp139,48 miliar merupakan aset dari penyelenggara fintech dengan prinsip syariah.

Tercatat, terdapat 101 penyelenggara yang telah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk beroperasi. Dari jumlah tersebut, tujuh diantaranya beroperasi dengan prinsip syariah, sementara 94 lainnya mengadopsi model konvensional. Lantas, pinjol manakah yang paling besar menyalurkan pinjamannya di 2023?

SPinjam Shopee jadi pinjol dengan penyaluran pinjaman tertingi di Rp4,43 triliun

Tampilan Spinjam/Dok. Shopee

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan terdapat 10 platform financial technology peer-to-peer (fintech P2P) lending dengan penyaluran pinjaman tertinggi hingga Agustus 2023. Menurut data terkini dalam roadmap Pengembangan dan Penguatan Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi, PT Lentera Dana Nusantara (LDN) menempati posisi puncak sebagai penyalur pinjaman tertinggi, yakni mencapai Rp4,43 triliun. 

Salah satu produk unggulan dari LDN tersebut ialah SPinjam Shopee. SPinjam Shopee sendiri menawarkan pinjaman tunai tanpa jaminan dengan fitur cicilan bulanan. Hal ini menjadi daya tarik utama bagi konsumen yang aktif berbelanja di platform e-commerce.

“Pada periode Agustus 2023, PT Lentera Dana Nusantara memiliki pangsa pasar terbesar dalam hal penyaluran pinjaman yaitu sebesar Rp 4,43 triliun atau 21,59 persen,” tulis laporan yang dikutip di Jakarta, Jumat (29/12).

Meski memiliki plafon penyaluran pinjaman yang besar, Lentera Dana Nusantara mampu menjaga kualitas pinjaman dengan TKB90 sebesar 97,47 persen per Juni 2023, dengan total akumulasi pinjaman sejak perusahaan berdiri mencapai Rp116,33 triliun. Di sisi pengguna, Lentera Dana Nusantara memiliki jumlah borrower aktif mencapai 1,37 juta dengan jumlah akumulasi borrower sebesar 7,96 juta.

EasyCash dan AdaKami menyusul di urutan 2 dan 3

Bernadino Vega - CEO AdaKami dan Sunu Widyatmoko - Sekjen AFPI/Dok AFPI