Comscore Tracker
FINANCE

Ini Rincian Rekening BRI Mulai dari Biaya Admin hingga Saldo Minimal

Pahami rincian produk Britama dan Simpedes dari BRI.

Ini Rincian Rekening BRI Mulai dari Biaya Admin hingga Saldo Minimalilustrasi BRI (pinterest.com/Masdar Budi Santoso)

by Suheriadi

Jakarta, FORTUNE – Bagi kita yang ingin menjadi nasabah dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) tentu harus memahami sejumlah biaya admin, minimal saldo hingga suku bunga simpanan. Pengetahuan tersebut dapat menjadi landasan nasabah untuk bertransaksi atau pertimbangan jumlah simpanan bank.

Dalam sebuah produk tabungan perbankan, terdapat bermacam-macam biaya administrasi bank per bulannya. Besaran ini ditentukan oleh jenis tabungan yang digunakan oleh nasabah. Perbedaan besaran biaya admin ini juga mempengaruhi layanan dan manfaat yang bisa didapatkan oleh nasabah.

Untuk syarat pembukaan rekening tabungan BRI, baik Simpedes maupun Britama, mengharuskan usia nasabah yakni minimum 17 tahun. Sedangkan untuk dokumen yang diperlukan saat pembukaan rekening di Bank BRI yaitu Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk WNI.

Dikutip dari laman resmi BRI, terdapat sejumlah perbedaan biaya administrasi Bank BRI untuk jenis tabungan BRI Britama dan BRI Simpedes. Berikut rinciannya:

Rincian produk BRI Britama

Kartu ATM BritAma.

Untuk produk tabungan Britama terdapat biaya admin sebesar Rp11 ribu perbulan untuk saldo kurang dari Rp10 juta. Sedangkan untuk saldo di atas Rp10 juta biaya administrasi dikenakan senilai Rp12 ribu. Untuk biaya lainnya ialah biaya kartu sebesar Rp2 ribu per bulan untuk jenis kartu classic, dan Rp 6.500 per bulan untuk pemegang kartu gold.

Selain itu, untuk setoran awal kartu classic ialah sebesar Rp250 ribu dan untuk gold Rp500 ribu. Setelahnya nasabah bisa menyetor dana di atas Rp10 ribu. Untuk biaya admin BRI penarikan di teller (kurang dari Rp 2,5 juta) di kenakan biaya Rp10 ribu. Dan untuk biaya admin penarikan di teller (Rp 2,5 juta - Rp5 juta) dikenakan biaya Rp 10 ribu.

Untuk saldo minimum yang mengendap di tabungan Britama ialah Rp50 ribu dan biaya tutup rekening sebesar Rp50 ribu. Untuk biaya pergantian buku karena rusak nasabah juga akan dikenakan Rp25 ribu. Namun untuk penggantian buku karena penuh gratis.

Terakhir, ini rincian suku bunga tabungan Britama BRI:

  • Kurang dari Rp1 juta: 0 persen
  • Rp1 juta -  Rp 50 juta : 0,7 persen
  • Rp50 juta - Rp 500 juta : 0,85 persen
  • Rp500 juta - kurang dari Rp1 triliun : 1,1 persen
  • Di atas Rp1 triliun: 1,9 persen

Rincian produk BRI Simpedes

Kartu ATM Simpedes.

Untuk biaya administrasi Bank BRI tabungan Simpedes relatif lebih rendah dibandingkan dengan tabungan BRI Britama. Selain itu, besaran setoran awal dan saldo mengendap juga lebih rendah.

Setoran awal dari tabungan Britama BRI ialah Rp100 ribu, setelahnya nasabah bisa menyetor dana di atas Rp10 ribu. Untuk Biaya administrasi dikenakan Rp5.500 perbulan. Sedangkan untuk biaya admin penarikan di teller (kurang dari Rp 2,5 juta) sebesar Rp10 ribu. Sedangkan untuk biaya admin penarikan di teller (Rp2,5 juta - Rp5 juta) sebesar Rp10 ribu.

Saldo minimum yang mengendap di produk BRI Simpedes ialah Rp50 ribu dan biaya tutup rekening: ialah sebesar Rp25 ribu. Untuk biaya pergantian buku karena rusak ialah Rp25 ribu namun pergantian buku karena penuh gratis.

Selain itu, berikut rincian suku bunga tabungan Simpedes BRI :

  • Kurang dari Rp1 juta : 0 persen
  • Rp1 juta - Rp50 juta : 0,7 persen
  • Rp50 juta - Rp500 juta : 0,85 persen
  • Rp500 jtua -  Rp1 miliar : 1,1 persen
  • Di atas Rp1 miliar : 1,75 persen

Related Articles