FINANCE

Ini Tantangan Industri Asuransi di 2024, Unitlink Masih Terkontraksi?

Produk unitlink masih menantang namun tetap optimis.

Ini Tantangan Industri Asuransi di 2024, Unitlink Masih Terkontraksi?Ilustrasi Asuransi Jiwa/Shutterstock

by Suheriadi

14 December 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Industri Asuransi diprediksi masih menghadapi tantangan di tahun 2024. Sejumlah tantangan tersebut ialah kondisi ekonomi global, tahun politik, literasi hingga perpindahan pilihan masyarakat dari produk asuransi Unitlink ke tradisional. 

"Meskipun industri asuransi berpotensi terkena dampak dari kemungkinan perubahan situasi kondisi ekonomi global dan tahun politik. Namun imbasnya tidak secara signifikan, karena kebutuhan masyarakat akan solusi perlindungan asuransi akan tetap ada," kata Chief Investment Officer Allianz Life Indonesia, Ni Made Daryanti melalui konferensi video di Jakarta Kamis (14/12) 

Penetrasi asuransi masih 2,27%

Ilustrasi AsuransiGoogle

Ia menilai, dengan berbagai kondisi yang dihadapi, industri asuransi membutuhan kolaborasi dari berbagai pihak untuk meningkatkan literasi dan penetrasi asuransi yang masih rendah. 

Berdasarkan Peta Jalan Pengembangan dan Penguatan Perasuransian Indonesia 2023-2027 OJK, tingkat penetrasi asuransi di Indonesia pada tahun 2022 berada pada level 2,27 persen, masih jauh lebih rendah apabila dibandingkan dengan beberapa peer countries di ASEAN. 

Sedangkan, berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) OJK tahun 2022, tingkat literasi pada sektor perasuransian berada pada level 31,7 persen, namun tingkat inklusinya pada level 16,6 persen. Sehingga masih ada gap antara tingkat literasi asuransi dengan inklusi asuransi.

Produk unitlink masih menantang namun tetap optimis

Ilustrasi Asuransi/Dok. unsplash.com/@vladdeep

Related Topics