FINANCE

Masuk Pertengahan Tahun, BI Pertahankan Suku Bunga Acuan di 5,75%

BI proyeksikan pertumbuhan ekonomi global capai 2,7%.

Masuk Pertengahan Tahun, BI Pertahankan Suku Bunga Acuan di 5,75%Ilustrasi Bank Indonesia/ Shutterstock Harismoyo
25 July 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) diputuskan untuk tetap sebesar 5,75 persen. Sedangkan untuk suku bunga Deposit Facility sebesar 5,00 persen, dan suku bunga Lending Facility sebesar 6,50 persen. Hal tersebut tertuang dalam hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) pada 24-25 Juli 2023.

Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan, keputusan tersebut konsisten dengan stance kebijakan moneter untuk memastikan inflasi tetap terkendali dalam kisaran sasaran 3,0±1 persen pada sisa tahun 2023 dan 2,5±1 persen pada 2024.

“Fokus kebijakan ke depan akan diarahkan pada penguatan stabilisasi nilai Rupiah untuk mengendalikan inflasi barang impor (imported inflation) dan memitigasi dampak rambatan ketidakpastian pasar keuangan global,” kata Perry melalui konferensi video di Jakarta, Selasa (25/7).

BI proyeksikan pertumbuhan ekonomi global capai 2,7%

Global Warming.
Ilustrasi Global Warming (Netivist.org)

Di sisi lain, BI memproyeksikan pertumbuhan ekonomi global 2023 diprakirakan tetap sebesar 2,7 persen, namun proyeksi tersebut masih disertai dengan ketidakpastian.

Perry menyebut, pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) dan beberapa negara maju di Eropa diprakirakan akan lebih baik, dipengaruhi oleh konsumsi rumah tangga seiring dengan perbaikan upah dan keyakinan konsumen.

Sementara itu, pertumbuhan ekonomi Tiongkok diprediksi lebih rendah sejalan dengan tertahannya konsumsi dan investasi terutama sektor properti. Perry menilai, tekanan inflasi di negara maju masih relatif tinggi dipengaruhi oleh perekonomian yang lebih kuat dan pasar tenaga kerja yang ketat. Hal ini diprakirakan akan mendorong kenaikan lebih lanjut suku bunga kebijakan moneter di negara maju, termasuk Federal Funds Rate (FFR).

BI prediksi inflasi RI berada pada kisaran 2,5 persen

Penjual melayani pembeli di Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/12/2021). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/foc.
Penjual melayani pembeli di Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/12/2021). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/foc.

Related Topics