Comscore Tracker
FINANCE

UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR Catatkan US$ 72,1 juta Kesepakatan Bisnis

Kesepakatan bisnis melibatkan 110 pembeli dari 31 negara.

UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR Catatkan US$ 72,1 juta Kesepakatan BisnisDirektur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto/ Tangkapan Layar Acara UMKM EXPORT BRILIANPRENEUR 2021

by Suheriadi

Jakarta, FORTUNE - UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 yang diselenggarakan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) berhasil mencatatkan kesepakatan bisnis atau business matching  hingga US$72,13 juta atau setara Rp1,03 triliun. 

Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto mengungkapkan, nilai tersebut telah melampaui target yang telah ditetapkan perseroan di US$65 juta atau setara Rp934 miliar. "Ini menjadi momentum bagi UMKM Indonesia untuk bertahan, bangkit, dan bertransformasi dalam menjawab tantangan," kata Amam melalui konferensi video di Jakarta, Kamis (16/12).

Kesepakatan bisnis melibatkan 110 pembeli dari 31 negara.

Amam juga menjelaskan, sebanyak 110 pembeli dari 31 negara telah berpartisipasi dalam kesepakatan bisnis tersebut. 

Beberapa negara yang mengirimkan perwakilan importir dalam kesepakatan tersebut di antaranya ialah Amerika Serikat, Uni Eropa, Timur Tengah, Jepang, Australia. Amam menjelaskan, bebagai negara tersebut telah berhasil menandatangani commitment deal bersama 163 UMKM. 

Amam juga menambahkan, BRI fokus untuk membawa UMKM naik kelas ke pasar Global salah satunya melalui pagelaran UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021.

BRI berikan penghargaan ke UMKM

Pada akhir acara, BRI juga memberikan penganugerahan UMKM Awards 2021 dengan sejumlah kategori di antaranya “UMKM Best Newcomer in Business Matching” hingga  “UMKM Top Deals in Business Matching”.  

Tak hanya itu, ada juga kategori penghargaan untuk buyer, yakni “The Highest Deal Commitment” dan “The Highest Business Matching Activity”. 

Dalam event ini, kegiatan promosi produk UMKM di bazaar online via e-commerce Shopee dan PaDi UMKM juga turut diharidkan guna menarik antusiasme masyarakat. 

Restrukturisasi kredit BRI capai Rp241 triliun

Sebagai informasi saja, selama situasi pandemi, BRI terus berupaya menyelamatkan UMKM melalui restrukturisasi kredit. Total restrukturisasi kredit BRI sendiri mencapai Rp241 triliun kepada lebih dari 2,9 juta nasabah yang mayoritas adalah UMKM. 

Sampai Oktober 2021, outstanding kredit direstrukturisasi BRI juga sudah menurun menjadi Rp163 triliun untuk 2,2 juta nasabah. Adapun untuk penyaluran kredit BRI hingga September 2021, nilainya mencapai Rp749,3 triliun atau setara 80,5 persen dari total Kredit BRI yang sebesar Rp877,6 triliun.

Related Articles