LUXURY

109 Desainer Internasional dan Nasional Siap Meriahkan LIMOFF 2023

LIMOFF 2023 akan digelar pada 6-9 Juli 2023.

109 Desainer Internasional dan Nasional Siap Meriahkan LIMOFF 2023Ilustrasi fesyen berpadu kain wastra NTB/DOK. IFC

by Desy Yuliastuti

30 June 2023

Jakarta, FORTUNE - Sebanyak 109 desainer Internasional dan nasional siap memeriahkan LIMOFF atau Lombok International Modest Fashion Festival (LIMOFF) bertema “Making Lombok Sumbawa as Gateway to Global Market” yang akan digelar pada 6-9 Juli 2023 di kawasan Senggigi, Lombok, NTB.

Perhelatan fesyen skala internasional ini pertama kalinya digelar di NTB. LIMOFF digelar oleh Pemerintah Provinsi (PemProv) Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Dekranasda NTB yang berkolaborasi dengan Indonesian Fashion Chamber (IFC).

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, mengatakan LIMOFF dapat menjadi wadah untuk mengembangkan industri fesyen dan kreatif lokal, mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, dan mewujudkan NTB sebagai kiblat fesyen muslim nasional.

LIMOFF merupakan perhelatan fesyen skala internasional yang pertama kalinya digelar di NTB. Festival ini akan mengintegrasikan berbagai kegiatan, seperti peragaan busana, lokakarya, kompetisi, talkshow, pameran standar internasional, dan pemecahan rekor MURI untuk penenun terbanyak se-Indonesia, yaitu berjumlah 2023 penenun di Sukarare. 

Selama empat hari penyelenggaraan, LIMOFF 2023 akan menghadirkan 109 desainer dan jenama fesyen baik lokal, nasional, hingga internasional yang menampilkan ragam gaya modest fashion dengan mengeksplorasi wastra NTB. Selain fesyen, LIMOFF akan menjadi ajang promosi sektor industri kreatif unggulan lainnya di NTB, yaitu pariwisata, kerajinan tangan, kecantikan, dan kuliner halal.

Angkat potensi kain wastra NTB

Dok. IFC

NTB memiliki potensi wastra berupa tenun yang luar biasa. Hampir seluruh daerah di NTB mempunyai kekhasan sentra-sentra tenun yang berbeda satu sama lain, dan semua berbasis masyarakat, dikerjakan oleh kaum perempuan, dan diwariskan secara turun-temurun oleh leluhur.

Ketua Dekranasda NTB sekaligus Founder LIMOFF, Niken Zulkieflimansyah, mengatakan dengan potensi tersebut maka NTB sebagai salah satu daerah di bagian timur Indonesia ikut  berpartisipasi dalam mewujudkan target pemerintah Indonesia, yaitu menjadikan Indonesia sebagai pusat modest fashion dunia dengan menyelenggarakan festival modest fashion skala internasional. 

“Kami berharap Lombok dan Sumbawa tak hanya menjadi destinasi wisata dan olahraga tingkat internasional saja, tetapi juga menjadi destinasi belanja produk modest fashion dan turunannya yang berkualitas,” katanya dalam konferensi pers Kick Off LIMOFF 2023 secara virtual, dikutip Jumat (30/6).

Dia menambahkan, LIMOFF hadir sebagai ajang untuk mempromosikan dan merayakan kekayaan budaya NTB melalui potensi karya para kreator sektor fesyen meliputi jenama fesyen dan pengrajin tekstil di NTB ke skala internasional. 

Menggali potensi jenama lokal

Tangkapan layar, Kick Off LIMOFF 2023/FORTUNE idn/desy Y.

Related Topics