LUXURY

6 Strategi Pemasaran Loro Piana Menangkap Pasar Quiet Luxury

Storytelling yang kuat dan bahan terbaik jadi andalan.

6 Strategi Pemasaran Loro Piana Menangkap Pasar Quiet LuxuryButik Loro Piana di Dubai/Dok. LVMH

by Desy Yuliastuti

13 February 2024

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Loro Piana lahir dari perbukitan indah di Italia bagian utara. Lebih dari sekedar merek mewah, tetapi rangkaian kisah yang dijalin dari keahlian selama beberapa generasi, pencarian tanpa henti akan serat-serat indah, dan komitmen yang tak tergoyahkan terhadap pengerjaan.  Selama lebih dari satu abad, keluarga Loro Piana telah mengukir nama mereka pada kain kemewahan, hingga identik dengan kasmir terbaik di dunia yang hanya dipakai oleh orang yang memiliki selera akan hal-hal luar biasa. 

Kisah Loro Piana dimulai pada awal tahun 1800-an, dengan permulaan keluarga yang sederhana dalam perdagangan wol. Landasan pemahaman dan apresiasi terhadap serat alam inilah yang membuka jalan bagi lompatan visioner Pietro Loro Piana pada tahun 1924. 

Melansir thebranhopper.com pada Selasa (13/2), sang nakhoda mendirikan Ing. Loro Piana & C. , dengan misi untuk mendapatkan serat paling langka dan paling indah dari seluruh penjuru dunia dan mengubahnya menjadi tekstil dengan kualitas tak tertandingi. 

Dedikasi terhadap keunggulan ini terus bergema. Tak lama kemudian Loro Piana menjadi pemasok pilihan bagi rumah mode terkemuka. Kain mereka menghiasi peragaan busana di Milan dan Paris, membisikkan kisah kemewahan dan eksklusivitas. Saat ini, Loro Piana dimiliki oleh perusahaan multinasional dan konglomerat Prancis LVMH .

Menghargai bahan terbaik

Loro Piana bukan hanya sebuah merek; itu sebuah filosofi. Jenama ini menghargai nilai yang melekat pada bahan-bahan terbaik, pengerjaan teliti, dan gaya abadi yang melampaui tren yang cepat berlalu. Loro Piana selalu memanjakan perasaan kemewahan murni, di mana setiap sentuhan menceritakan kisah keahlian dari generasi ke generasi dan apresiasi mendalam terhadap alam .

Dalam dunia produksi massal, Loro Piana berdiri sebagai mercusuar keunggulan artisanal, sebuah bukti kekuatan kualitas yang abadi dan warisan sebuah keluarga yang benangnya ditenun menjadi kain kemewahan.

Kasmir tetap menjadi unggulan, tetapi penguasaan Loro Piana jauh melampaui itu. Mereka mengambil vicuña terbaik dari dataran tinggi Andes yang terpencil, tempat kelembutan legendarisnya dihargai dan dilindungi. Dari Mongolia datanglah bulu bagian bawah bayi kambing yang halus, seratnya lebih halus daripada rambut manusia.

Para ahli Loro Piana kemudian mengalihkan perhatian mereka ke Australia dan Selandia Baru, hanya memilih wol Merino yang paling luar biasa, yang terkenal karena kehalusan dan ketahanannya yang luar biasa. Namun eksplorasi mereka tidak berhenti di situ. Mereka menjelajahi sudut-sudut tersembunyi di dunia, mencari harta karun yang kurang dikenal seperti tekstur unik dan kisah berkelanjutan dari serat bunga teratai, atau kesejukan linen Irlandia. 

Setiap serat dipilih dengan sangat hati-hati, memastikan hanya serat terbaik yang mencapai alat tenunnya, membisikkan cerita tentang asal usulnya dan kehati-hatian dalam perjalanannya. Lalu bagaimana strategi Loro Piana menguasai pasar fesyen mewah?

1. Warisan kemewahan dan bercerita

Loro Piana, sang pendiri Loro Piana

Related Topics