Comscore Tracker
LUXURY

Artis K-pop Kian Mendominasi Dunia Mode Mewah Hingga Metaverse

Menjadi bintang mode baru yang memikat jenama mewah global.

Artis K-pop Kian Mendominasi Dunia Mode Mewah Hingga MetaverseJisoo saat menghadiri peragaan busana Dior di Korea. Dok. Instagram/sooyaaa__

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa K-Pop telah 'menjamur' ke seluruh wilayah di dunia. Tiada hari berlalu tanpa kabar salah satu band terkemuka dari genre musik asal Korea Selatan ini.

Bintang K-Pop menjadi duta dan mitra di berbagai industri, termasuk fesyen mewah. Bahkan dunia K-Pop membuka pintu gerbang metaverse yang kini digadang akan jadi raksasa industri.

Kekuatan dan pengaruh mereka, bersama dengan gaya ultra-canggih mereka, jelas membuat artis K-Pop jadi bintang mode baru yang menonjol. Yang paling disorot, para anggota grup wanita terbesar di industri. 

Adalah Sana, Jisoo, Rosé, dan Lily yang membuat histeris penonton setiap kali tur di Eropa, Asia, atau Amerika Serikat. Di luar penampilan musik mereka, gaya mereka yang unik dan sangat halus menjadi hit di jejaring sosial, dan bahkan telah memicu minat di antara rumah mode terbesar dalam beberapa bulan terakhir. 

Akibatnya, band K-pop—yang sering kali lebih ditunggu-tunggu daripada para desainer itu sendiri—kini berkuasa di dunia mode, serta di pekan mode, di mana mereka mendominasi barisan depan.

Girl band K-pop sebagai duta merek fesyen mewah

Rumah mewah apa yang belum mencoba mengamankan layanan bintang K-pop dalam beberapa bulan terakhir? Pasti ada, tapi dapat dihitung dengan jari satu tangan. Bagaimana potensinya?

Melansir Prestige pada Selasa (25/10), penggemar artis-artis yang dipuja oleh generasi muda ini adalah pelanggan potensial bagi raksasa penguasa industri mewah, yang siap melakukan segalanya untuk menarik perhatian Gen Z.

Di tengah Paris Fashion Week, Loewe mengumumkan bahwa mereka telah mendaftarkan grup Korea Selatan Nmixx sebagai duta global barunya. Sementara sebagian besar merek telah mendapatkan layanan dari salah satu anggota girl band ini, rumah yang dipimpin oleh Jonathan Anderson sangat sukses dengan mendaftarkan tidak kurang dari tujuh bintang K-pop, yaitu Lily, Haewon, Sullyoon, Jinni, Bae, Jiwoo dan Kyujin.  Dan ini jelas bukan satu-satunya merek mewah yang bertaruh pada popularitas genre musik untuk mencapai target utamanya.

Rosé, salah satu bintang Blackpink, sekarang menjadi duta global untuk perhiasan Tiffany & Co. dan kedekatannya dengan industri mode menunjukkan bahwa dia bisa segera menjadi wajah rumah terkenal dunia lainnya. Sosoknya pun tidak luput dari perhatian di barisan depan pertunjukan Saint Laurent pada pembukaan Paris Fashion Week.

Anggota Blackpink lainnya, Jisoo, adalah wajah Cartier dan Dior, yang menimbulkan sensasi di setiap peragaan busana merek Prancis. Bintang muda itu bahkan mengungguli tamu lain (atau hampir) pada presentasi koleksi musim semi-musim panas 2023 Dior di taman Tuileries di Paris. Kemudian ada Sana, anggota band Twice, yang menarik banyak orang di acara Prada di Milan. Dan hype ini sepertinya tidak akan segera pudar.

Gerbang menuju metaverse

Tidak puas dengan menjadikan artis K-pop sebagai duta baru, sektor mewah juga mendambakan mereka untuk menemani perjalanan pertamanya ke metaverse.

Secara mengejutkan, metaverse memang berada pada era yang sama dan menjadi taman bermain taman bermain bagi para pemuja gadis Korea Selatan. Misalnya, awal musim gugur ini Bulgari mengambil langkah pertamanya di metaverse Zepeto dengan pop-up virtual— sebagian toko pop-up, sebagian kafe virtual—dengan dukungan Lisa, juga anggota Blackpink. Inisiatif lain yang menunjukkan dominasi K-pop yang tumbuh di dunia mode.

Beberapa hari kemudian, Weinsanto memasuki metaverse dengan meluncurkan NFT pertamanya dalam kemitraan dengan band K-pop Lightsum. Desainer Victor Weinsanto menciptakan tampilan virtual untuk delapan anggota girl band, yang diresmikan selama Paris Fashion Week. Dan karena semua yang disentuh bintang K-pop tampaknya berubah menjadi emas, NFT ini kemungkinan besar akan laris manis.

Tak cukup hanya itu, gaya penyanyi—dan penari Korea Selatan ini — juga menginspirasi banyak desainer di seluruh dunia. Kembalinya preppy style pada musim gugur ini adalah buktinya. 

Rok lipit, dasi, baret, dan moccasin adalah salah satu item yang disukai oleh anggota band K-Pop dan ini semua akan menjadi bagian bintang musim ini. Era K-pop di industri mewah baru saja dimulai, pasti akan ada lebih banyak lagi yang akan datang seiring pesona para bintang yang tak terbantahkan.


 

Related Articles