Comscore Tracker
LUXURY

Berbuka Puasa dengan Menu Legendaris Nusantara di Aston Kartika Grogol

Ada dendeng batokok, ayam tangkap, dan sayur babanci.

Berbuka Puasa dengan Menu Legendaris Nusantara di Aston Kartika GrogolMenu Nusantara/Dok. Aston Kartika Grogol

by Desy Yuliastuti

14 March 2023

Jakarta, FORTUNE - Bulan Ramadan menjadi momen yang paling dinanti, khususnya bagi umat muslim. Sejumlah daftar kegiatan sudah menanti, mulai dari kegiatan amal, berbelanja kebutuhan lebaran hingga menghadiri acara buka puasa bersama. Nuansa Ramadan pun mulai terasa berbagai tempat, salah satunya di Hotel Aston Kartika Grogol.

Mengangkat tema “Delight of Nusantara”, Aston Kartika Grogol tahun ini secara khusus akan menyajikan menu khas Nusantara yang legendaris, bahkan nyaris punah.

General Manager Aston Kartika Grogol, Sutan Aulia Masjhoerdin menyampaikan Ramadan tahun ini menjadi momentum silaturahmi karena situasi pandemi dan ekonomi sudah mulai kondusif.

"Melihat ekonomi perlahan mulai pulih, kami optimistis bahwa Ramadan tahun ini akan menjadi momen melepas rindu dengan keluarga melalui acara berbuka puasa," katanya.

Pada Ramadan tahun ini, Executive Chef Aston Kartika Grogol, Nurdin akan menyajikan menu serba Indonesia untuk melengkapi momen silaturahmi. Ada beberapa menu andalan untuk Ramadan, di antaranya dendeng batokok, ayam tangkap, dan sayur babanci.

“Ramadan merupakan momen yang identik dengan reuni dan kenangan, karena itu kami terinspirasi menciptakan nuansa nostalgia melalui menu utama kami tahun ini," ujarnya.

Marcomm Manager Aston Kartika Grogol, Fadil menambahkan kehadiran menu ini Nusantara yang legendaris ini dapat menambah kehangatan nuansa silaturahmi saat berbuka puasa bersama keluarga dan kerabat.

Menu Ramadan di Aston Kartika Grogol

Menjadi menu andalan, dendeng batokok membutuhkan kesabaran dan ketelitian dalam pembuatannya. Masakan khas Sumatera Barat ini dibuat dari irisan daging tipis yang kering dan renyah, dibalut cabai merah membuatnya semakin nikmat.

Konon penamaan Batokok berasal dari kata tokok yaitu pukul, sesuai dengan proses pembuatannya yaitu daging yang sudah diiris tipis kemudian dipukul dengan tujuan agar daging semakin lembut dan bumbu rempah lebih meresap.

Tak kalah nikmat, ada ayam tangkap yaitu ayam goreng khas Aceh ini dimasak dengan bumbu daun kari, jeruk yang meresap dengan tekstur lembutnya daging ayam. Konon nama menu ini sesuai dengan tradisi yang mengakar pada masyarakat Aceh kala itu yang harus menangkap ayam terlebih dahulu sebelum kemudian memasaknya. 

Ada pula sayur babanci, menu ini merupakan salah satu kuliner legendaris khas Betawi yang sudah langka. Penamaannya pun tergolong unik, dikatakan sebagai sayur padahal tidak ada campuran sayur di dalamnya. Konon sayur ini sudah ada dari zaman peranakan Betawi-Tionghoa, sehingga babanci ditengarai sebagai akronim dari baba dan enci.

"Bahan-bahan yang digunakan juga tergolong langka, sehingga menjadikan sayur babanci sebagai menu yang jarang ditemukan," kata Nurdin.

Melengkapi sajian berbuka puasa, tak lupa Aston Kartika Grogol juga menyediakan berbagai hidangan tajil baik yang savoury maupun sweet. Di antaranya mie glosor, martabak telur, pastel, berbagai asinan dari betawi dan Bogor, jagung bakar, dan sebagainya. Ada juga berbagai kolak talas, pisang hingga nangka. Tak ketinggalan bubur candil, talam srikaya, wajit ketan, dan sebagainya.

Beragam menu ditawarkan oleh Aston Kartika Grogol mulai Rp190 ribu per orang dan sudah bisa menikmati seluruh All You Can Eat buffet untuk berbuka puasa bersama keluarga dan kolega. Selain itu, ada pula promo seperti potongan 10 persen di periode early bird hingga 22 Maret 2023 dan beragam promo lainnya. Informasi selengkapnya dapat dilihat di Instagram @astonkartikagrogol.

Related Articles