LUXURY

Edisi Spesial Chopard “Mille Miglia 2022 Race Edition”

Persembahan untuk balapan mewah Italia.

Edisi Spesial Chopard “Mille Miglia 2022 Race Edition”Chopard “Mille Miglia 2022 Race Edition”/Dok. Chopard

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Kolaborasi dunia otomotif dan jam tangan mewah seolah sulit dipisahkan.  Lihat saja deretan arloji pembuat jam Swiss, di antaranya kerja sama antara Ferrari dengan Hublot yang terjalin lebih dari lima tahun. Ada pula TAG Heuer yang memproduksi model Carrera atau Monaco yang terinspirasi dari otomotif. 

Watchmaker Swiss lain yang juga akrab dengan industri otomotif adalah Chopard. Sudah lama, Co-President Chopard, Karl-Friedrich Scheufele memiliki kecintaan yang besar terhadap mobil klasik. Kecintaan Scheufele itu mengantarkan perusahaan yang dinaunginya menjadi sponsor dan pencatat waktu resmi ajang balapan 1000 Miglia di Italia. 

Dua seri Mille Miglia 2022 Race Edition

Sejak tahun 1988 Chopard sudah mensponsori acara balapan mewah ini. Tentunya, kolaborasi Chopard x 1000 Miglia tidak berhenti sampai di situ. Sang maestro jam meluncurkan koleksi "Mille Miglia" setiap tahunnya.

Dilansir dari Monochrome, Selasa (21/6), untuk tahun 2022, Chopard mengusung kreasi bertajuk "Mille Miglia 2022 Race Edition" yang datang dalam dua referensi. Referensi pertama, 168571-3010 terbuat dari bahan baja, dan diproduksi sebanyak 1.000 unit. Sedangkan, ref 168571-6004 yang menggunakan perpaduan baja dan rose gold 18 karat hanya dirancang 250 unit saja. Kedua referensi memiliki diameter cangkang yang sama, 44 milimeter. 

Mille Miglia 2022 Race Edition merupakan bentuk penghormatan terhadap 1000 Miglia Race Edition, ajang balapan legendaris yang dimulai pada 1927 tersebut. Ajang 1000 Miglia edisi ulang (re-enacted) yang ke-40 diadakan mulai tanggal 15-18 Juni, dimulai dari jalanan kota Brescia menuju Roma, hingga kembali lagi ke Brescia. 

Penyegaran desain

Mille Miglia 2022 Race Edition membawa penyegaran dari sisi desain. Bagian dial berwarna perak keabu-abuan dipoles satin secara melingkar. Sementara bezel, jarum jam, dan lis pada penanda jam diberi sentuhan biru. Dial yang mudah dibaca Sama seperti model Mille Miglia lainnya, model terbaru ini mencerminkan kesan elegan dan maskulin. 

Ada tiga pilar utama yang difokuskan Chopard pada Mille Miglia 2022 Race Edition. Pertama,  yaitu keterbacaan yang mudah (legibility).  Kemudahan membaca komponen di bagian dial diwujudkan melalui jarum baton berukuran besar yang diberi lis biru cerah, serta penanda jam dengan konsep yang sama. 

Tak hanya itu, angka yang menunjukkan tanggal pada date window yang diletakkan di dekat indeks jam tiga juga dibuat besar. Dua subdial penghitung kronograf pada indeks jam 6 dan jam 12 dilengkapi pola periferal dan ukuran yang besar. Satu subdial kecil yang berada di dekat indeks jam 9 berfungsi untuk menunjukkan detik.

Guna meningkatkan kemudahan membaca waktu, warna jarum di bagian subdial dibedakan. Kedua subdial yang ukurannya lebih besar dilengkapi jarum berwarna merah, sedangkan jarum pada subdial kecil berwarna biru. 

Mesin yang presisi dan akurat

Pilar kedua yang ditonjolkan adalah mesin yang presisi dan akurat. Arloji Mille Miglia 2022 Race Edition sudah mendapatkan sertifikasi kronometer dari Controle Officiel Suisse des Chronometres (COSC). 

Sebagai catatan, COSC adalah lembaga yang bertanggung jawab untuk mensertifikasi akurasi dan presisi jam tangan Swiss. Chopard membekali model Mille Miglia terbaru dengan mesin kaliber otomatis (self-winding) yang berdetak pada frekuensi 4 Hz dan memiliki cadangan daya 48 jam. Pada permukaan bezel yang tipis dan ramping, terdapat skala tachymeter dalam warna putih. Skala ini berfungsi untuk mengukur kecepatan rata-rata mulai dari 60-400 kilometer per jam. 

Nyaman dan ramah pengguna

Kualitas ketiga yang diusung, yakni ramah bagi pengguna. Mengambil filosofi dari lintasan balap, sebuah mobil balap dapat menghasilkan performa optimal di lintasan apabila memiliki cengkeraman (grip) yang baik. Sama halnya dengan sebuah arloji.

Komponen yang ada pada bodi Mille Miglia 2022 Race Edition dibuat agar mudah digenggam penggunanya.  Dua pusher berbentuk seperti kepala jamur memiliki permukaan besar yang diukir dengan pola knurled. Pola ini akan menahan jari pengguna ketika mengoperasikan pusher, sehingga jari tidak tergelincir.

Di sisi pinggiran kenop (crown) yang berdiameter besar, dibentuk layaknya roda gigi demi memastikan cengkeraman yang baik ketika pengguna memutar kenop untuk mengatur waktu. 

Chopard Mille Miglia 2022 Race Edition juga dilengkapi tali kulit anak sapi (calfskin) dengan tone emas berlapis karet. Permukaan tali di sisi belakang memiliki pola seperti tapak ban mobil balap di era 60-an, sedangkan kulit tali di sisi depan menampilkan lubang-lubang kecil untuk sirkulasi udara agar nyaman digunakan.

Chopard Mille Miglia 2022 Race Edition tersedia dalam edisi terbatas selama setahun. Model baja akan diproduksi hanya 1.000 buah dan dibanderol dengan harga EUR 7.730 atau setara Rp120 juta. Adapun versi perpaduan baja dan rose gold akan diproduksi 250 buah dan dibanderol dengan harga EUR 11.400 atau kisaran Rp177 juta.

Related Topics

Related Articles