Comscore Tracker
LUXURY

Inspirasi Outfit Lebaran Ala Desainer MUFFEST+ 2022

Mulai dari kain tradisional hingga fesyen ramah lingkungan.

Inspirasi Outfit Lebaran Ala Desainer MUFFEST+ 2022Pembukaan MUFFEST+ 2022, Kamis (21/4)/Fortune Indonesia/Desy Y

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE- Nuansa Lebaran atau hari raya Idulfitri mulai terasa. Salah satunya berburu pakaian untuk mempercantik penampilan di hari raya. Bagaimana dengan Anda, apakah sudah mempersiapkan Outfit of the Day (OOTD)?

Penampilan pada saat Lebaran menjadi suatu hal yang kerap kali diperhatikan, terlebih saat bersilaturahmi atau kumpul bersama keluarga dan kerabat. Anda pun bisa tampil menawan dan menarik saat Lebaran nanti dengan inspirasi outfit dari para desainer di MUFFEST+ 2022. 

Ada Raya Collection kolaborasi Blibli dengan 12 desainer muda, yakni Zaskia Mecca, Iskanti, Benang Jarum, Nada Puspita, MUDA, Puru Kambera, Heaven Lights, Halima, DOA Indonesia, Kamima, Morningandsmile, dan Broodies. 

Tak kalah menarik, koleksi kolaborasi Asia Pacific Rayon (APR) dengan jenama Gajah Duduk, Inen Signature, BT Batik Trusmi, Bajufuku, Gamaleea, IDE Indonesia, dan Aruna Creative & Nicolo yang tergabung dalam Indonesia Fashion Chamber (IFC).

Selain itu, ada koleksi sustainable fashion seperti label pakaian Aruna Creative & Nicolo yang menghadirkan koleksi wastra berbahan dasar viscose denim dari APR, dan sebagainya.

Simak deretan fashion item terkini dari koleksi para desainer dan brand di MUFFEST+ 2022 bertema “Muslim Fashion, Muslim Lifestyle” yang bisa jadi inspirasi outfit Anda saat hari raya Idulfitri.

APR X BT Batik Trusmi

Terinspirasi dari motif mega mendung, BT Batik Trusmi mengangkat tema NATURA dan menampilkan karya “MEGA MENDUNG” yang mengusung kesan mengayomi. Warna-warna lembut, seperti merah muda, jingga, biru dan kuning menambah tampilan feminin, ditambah desain modest modern untuk kesan kebijaksanaan. Perpaduan semakin menarik dengan material rayon dalam penerapan konsep berkelanjutan pada fesyen muslim kekinian.

Aruna Creative & Nicolo

Aruna Creative & Nicolo yang menghadirkan koleksi wastra berbahan dasar viscose denim dari APR. Yuliana Fitri selaku pemilik mengungkapkan alasannya memilih material viscose denim ramah lingkungan dari APR.

“Pertama, bahan denim itu relatif lebih modern. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Aruna Creative & Nicolo untuk menghasilkan busana wastra dari denim. Ketika diperkenalkan material viscose denim oleh APR, saya cukup takjub karena baru pertama kali menemukan serat denim yang berbeda,” kata wanita yang akrab disapa Uli itu.

Uli juga menuturkan material viscose denim dari APR membuat proses membatik jadi lebih mudah. Selain itu, bahannya juga lebih nyaman, tidak kaku, dan yang terpenting sustainable atau berkelanjutan.

Blibli X Zaskia Mecca

Haykal Kamil, CEO dari Zaskia Mecca mengatakan, minat dari pelanggan untuk tampil prima dengan busana muslim di lebaran tahun ini sangatlah tinggi. 

“Beberapa tren busana yang kami soroti menjadi primadona di antaranya adalah gamis dengan potongan flowy yang nyaman dan juga memiliki corak aksen yang lembut yang kami tuangkan dalam koleksi raya dari Zaskia Mecca tahun ini,” ujarnya. 


 

Sarung Gajah Duduk

Gajah Duduk dikenal sebagai jenama sarung favorit masyarakat Indonesia. Namun, untuk MUFFEST+2022, Gajah Duduk menghasilkan busana dengan bahan dasar viscose yang terdiri dari atasan dan bawahan untuk pria. 

Dengan atasan dan bawahan yang senada, busana dari Gajah Duduk menampilkan baju muslim pria yang trendi dan modern.

Kain tradisional dari desainer lokal X KPw BI

Bank Indonesia (BI) menggandeng sejumlah UMKM binaanya dari berbagai daerah di Muffest + 2022 yang digelar di Jakarta 21-23 April 2022. 

Tujuh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) mempersembahkan fashion show yang menampilkan kolaborasi antara perajin kain dan desainer, baik daerah maupun nasional.

Fashion show hasil kolaborasi apik ini memperlihatkan koleksi busana muslim yang menggunakan kain-kain unggulan dari masing-masing daerah tersebut dengan sentuhan desain dan tren global. Tentunya koleksi kain Nusantara berpadu aksesoris cantik pun dapat menjadi outfit andalan untuk tampil gaya di hari raya.

Related Articles