Comscore Tracker
LUXURY

Tiffany & Co Sulap NFT Jadi Perhiasan, Harganya Capai Rp743 Juta

Liontin CryptoPunks diproduksi terbatas hanya 250 buah

Tiffany & Co Sulap NFT Jadi Perhiasan, Harganya Capai Rp743 JutaLiontin CryptoPunks NFT/Dok. Tiffany & Co

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Produsen perhiasan Amerika Serikat (AS) Tiffany & Co mulai melirik NFT dengan membuat divisi baru, NFTiff. Namun alih-alih membuat karya digital, Tiffany & Co justru membuat liontin CryptoPunk handmade seharga US$50.000(30 Ethereum) atau kisaran Rp743 juta. Liontin  CryptoPunk dirancang khusus serupa NFT dan dapat dikenakan dalam kehidupan nyata. Tentu saja, hanya pemilik CryptoPunk NFT yang dapat berkesempatan memilikinya. 

Produk NFTiff tersedia secara eksklusif untuk pemegang CryptoPunks, yaitu koleksi gambar 10.000 piksel NFT dari karakter yang berbeda. Dilansir dari Prestige, Senin (8/8), setiap liontin ini akan terdiri dari setidaknya 30 batu permata dan/atau berlian untuk membuat desain khusus dengan kesetiaan tertinggi pada NFT asli. 

Liontin CryptoPunks dari NFTiff berbahan rose gold 18k atau emas kuning. Liontin dipadukan dengan rantai yang dapat disesuaikan berukuran antara 18-22 inci, terdiri dari tautan persegi panjang yang menarik inspirasi dari bentuk piksel persegi.

Namun, liontin tersebut terbatas dalam persediaan. Tiffany & Co hanya memproduksi 250 buah, masing-masing dengan nomor edisi CryptoPunks yang terukir di bagian belakang. Pemilik juga akan menerima render digital dari liontin sebagai NFT dan sertifikat keaslian. 

Di balik liontin CryptoPunks

Ide di balik NFTiff muncul awal tahun ini ketika Alexandre Arnault, wakil presiden eksekutif produk dan komunikasi Tiffany membagikan foto interpretasi perhiasan kustomnya CryptoPunk #3167 di media sosial, yang menyebabkan kegemparan. 

Liontin itu kemudian menarik perhatian Chain, inovator teknologi blockchain yang menciptakan NFTiff pass dan online gateway produk ini, nft.tiffany.com

“Sebagai pemegang CryptoPunks, saya melihat kemitraan dengan Tiffany sebagai cara untuk membuat NFT dapat diakses oleh kolektor baru serta memperkuat komunitas yang ada yang telah menganut seni ini,” kata CEO Chain Deepak Thapliyal. 

Proyek ini telah diluncurkan pada 5 Agustus 2022, dengan perkiraan pengiriman NFT dijadwalkan untuk Desember 2022 dan pengiriman perhiasan pada Februari 2023. 

Strategi membidik penggemar kripto dan NFT

Ini bukan pertama kalinya mereka terlibat dalam Cryptoverse. Pada bulan Maret, mereka mengumumkan pembelian NFT seharga US$380.000 yang sangat mirip dengan gambar anak-anak. Bulan berikutnya, mereka menarik perhatian dunia dengan 'TiffCoin', yang sebenarnya akan menarik. Namun, ini adalah strategi pemasaran untuk koin emas 18K mereka yang ternyata kini meluas dan menargetkan para pemilik NFT dan raja kripto.

Sebelumnya, rumah mode Gucci merilis 10.000 koleksi NFT yang disebut SUPERGUCCI pada 18 Januari 2022. Pada bulan yang sama, Prada berkolaborasi dengan Adidas Originals dalam sebuah proyek yang menampilkan 3.000 karya seni komunitas, yang dibuat oleh seniman Zach Lieberman menjadi NFT yang unik. 

Pada Juni 2022, Prada pun merilis koleksi 100 NFT bertepatan dengan peluncuran seri pakaian Timecapsule, yang terdiri dari 100 kemeja kancing unisex yang dirancang oleh seniman Cassius Hirst.

Related Topics

Related Articles