Comscore Tracker
LUXURY

Sepatu Pertama Michael Jordan Laku Rp21 Miliar

Sepatu Jordan mencetak rekor tertinggi dalam sebuah lelang.

Sepatu Pertama Michael Jordan Laku Rp21 MiliarMichael Jordan saat masih aktif bermain untuk Chicago Bulls. mentesliberadas.com

by Luky Maulana Firmansyah

Jakarta, FORTUNE - Barang-barang yang memiliki nilai sejarah terkadang memiliki nilai jual tak terduga. Hal ini terjadi, misalnya, pada sepasang sepatu yang pernah dikenakan pebasket legendaris asal Amerika Serikat, Michael Jordan.

Melansir BBC, Selasa (26/10), sepatu merah putih Nike Air Ship yang pernah dipakai Jordan berhasil terjual dalam sebuah lelang dengan harga mencapai US$1,47 juta. Jika dikonversikan ke rupiah, harga sepatu ini setara Rp21 miliar.

Jordan menggunakan Nike Air Ship saat menjalani musim pertamanya pada 1984 bersama Chicago Bulls. Pada tahun yang sama, ia mulai bekerja sama dengan Nike untuk memproduksi pakaian dan baju dengan tanda tangannya.

Seperti dikutip dari The Guardian, harga sepatu pertama Jordan juga menjadi yang tertinggi yang pernah dibeli dalam sebuah lelang untuk kategori sepatu dalam permainan olahraga apa pun. Harga ini juga mengalahkan rekor sepasang sepatu lain yang juga pernah dipakai Jordan yang bernilai US$615 ribu.

Di luar ranah olahraga, sepatu Jordan bukan yang termahal. Pada April, penyanyi rap Kanye West berhasil menjual sepatunya (Nike Air Yeezy Prototypes) dengan harga US$1,8 juta atau setara Rp25,5 miliar. 

Hadiah untuk seorang ball boy

Sepatu warna putih dengan kombinasi merah berlogo Nike tersebut merupakan hadiah dari Michael Jordan kepada seorang pemungut bola (ball boy). Jordan memberikannya kepada Tommie Tim III Lewis, ball boy untuk Denver Nuggets selama musim 1984-1985.

Menurut Sotheby, rumah lelang untuk sepatu Jordan, sepatu itu secara keseluruhan telah disimpan dalam kondisi yang baik. Ukurannya 13 atau setara dengan 47.

Nike Air Ship adalah sepatu terakhir yang dikenakan Jordan. Setelahnya, Nike memberikan Jordan merek khusus untuk dirinya, yakni Air Jordan, untuk lini pakaian dan sepatu. Bagi Nike, itu kali pertama kerja sama dengan olahragawan berlangsung sedemikian rupa.

Related Articles