Comscore Tracker
LUXURY

9 Ikan Cupang Termahal di Dunia, Mendatangkan Cuan

Memiliki warna dan bentuk yang langka.

9 Ikan Cupang Termahal di Dunia, Mendatangkan Cuanilustrasi ikan cupang termahal (dok.livescience.com)

by Surti Risanti

Tahukan Anda ada deretan ikan cupang termahal yang memiliki harga fantastis per ekornya? Bagi penggemar jenis ikan ini, pasti sudah tidak asing lagi dengan beberapa daftar ikan cupang yang akan dibahas di sini.

Ikan cupang banyak dikoleksi oleh orang-orang sebagai hobi. Bentuk dan warna siripinya yang berwarna-warni menjadi daya tarik tersendiri.

Ikan yang sering ditemui di wilayah Asia Tenggara ini merupakan hewan yang cukup sensitif dan gampang stres. Jika Anda tidak mengetahui cara perawatannya, maka akan mudah mati.

Akan tetapi, nyatanya makhluk air ini bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Ada beberapa jenis ikan cupang yang memiliki harga jutaan rupiah per ekornya.

Ada berbagai hal yang membuat harga ikan tersebut bernilai tinggi, yakni mulai dari bentuk tubuhnya yang unik, warnanya yang terbilang langka, hingga memenangi berbagai kompetisi.

Lalu apa saja jenis ikan cupang termahal tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Ikan cupang double tail (Rp50 ribu–Rp2 juta)

ikan cupang double tail

Ikan cupang termahal pertama adalah jenis double tail. Ikan hias ini memiliki dua gradasi warna berbeda pada ekornya. Jenisnya yang cukup langka dan banyak peminat membuat harga ikan ini cukup tinggi.

Jenis ikan cupang double tail ini dibandrol per ekornya dari harga Rp50 ribu sampai Rp2 juta. Tertarik untuk membelinya?

2. Ikan cupang fancy (Rp200 ribu–Rp10 juta)

Ikan cupang fancy ini memiliki kombinasi warna yang unik. Ikan ini memiliki garis tunggal pada tubuh bagian depan dan bentuknya seperti tiga dimensi. Saat ikan ini bergerak, warna yang terdapat pada tubuh dan siripnya seakan-akan ikut berenang.

Harga ikan hias ini di Indonesia dibanderol Rp200 ribu–Rp300 ribu. Akan tetapi, jenis ikan ini pernah dibeli seharga Rp10 juta dalam sebuah acara lelang online di Thailand.

3. Ikan cupang kachen worachai (Rp22 juta)

Ikan cupang kachen worachai

Ikan cupang termahal selanjutnya adalah jenis kanchen worachai. Memiliki warna seperti bendera Thailand dan dijual dengan harga Rp22 juta per ekornya.

Adapun nama dari ikan ini disesuaikan dengan asal pemilik ikan ini yang berada di daerah Kachen Worachai, Thailand. 

4. Ikan cupang halfmoon (Rp3 juta–Rp20 juta)

ikan cupang halfmoon

Lagi-lagi ikan cupang dengan harga tinggi berasal dari negara Thailand. Ikan cupang halfmoon ini memiliki warna kuning dan merah menyala, serta ekor dan sirip yang indah.

Adapun warna ikan betina lebih terang dibanding pejantannya. Ciri khas lainnya adalah sirip pada betina halfmoon ebih lebar dibanding jantan. Harga ikan cupang ini sekitar Rp3 juta hingga mencapai Rp20 juta per ekornya.

5. Ikan cupang plakat (Rp59ribu–Rp2 juta)

Ikan Cupang Plakat

Ikan cupang plakat berasal dari Thailand yang berarti pertarungan, laga, atau tarung. Ikan cupang ini memiliki ciri khas badan yang sedikit lebih besar, ekor dan siripnya yang sedikit pendek.

Dalam area pertarungan, ikan ini sangat ditakuti. Ikan cupang plakat memiliki harga Rp59 ribu hingga Rp2 juta.

6. Ikan cupang crowntail (Rp7 juta–Rp21 juta)

Ikan cupang crowntail

Ikan cupang crowntail memiliki ekor yang panjang seperti rambut, sehingga membutuhkan perawatan yang lebih ekstra untuk menjaganya. 

Jika Anda ingin memiliki ikan hias termahal ini, Anda harus menyiapkan uang mulai dari Rp7 juta sampai Rp21 juta.

7. Ikan cupang nemo (Rp40 ribu–Rp400 ribu)

Ikan cupang nemo adalah ikan hias yang tergolong langka karena memiliki tubuh yang kecil dan karakteristik warna seperti ikan nemo. Harga ikan ini sendiri per ekornya adalah Rp40 ribu–Rp400 ribu.

8. Ikan cupang koi (Rp150 ribu–Rp300 ribu)

ikan cupang koi

Ikan cupang koi memiliki tubuh yang bulat serta sirip yang lebar. Ikan hias ini memiliki warna yang sangat langka, seperti merah, biru, hitam, oranye, serta putih. Untuk harga dari ikan ini adalah Rp150 ribu hingga Rp300 ribu.

9. Ikan cupang giant (Rp250 ribu–Rp400 ribu)

Ikan cupang giant merupakan hasil persilangan ikan cupang plakat dengan jenis ikan cupang lainnya. Adapun ikan ini adalah Rp250 ribu sampai Rp400 ribu per ekornya.

Itu tadi beberapa ikan cupang termahal di dunia. Ini bisa dijadikan salah satu investasi yang bisa mendatangkan cuan di kemudian hari.

Related Articles