NEWS

7 Skill Penting Penting yang Perlu Dimiliki Salesperson Andal

Salesperson tak hanya sekadar bisa untuk menjual.

7 Skill Penting Penting yang Perlu Dimiliki Salesperson Andalilustrasi sales asuransi (pexels.com/Mikhail Nilov)
04 July 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNESalesperson atau tenaga penjual adalah ujung tombak sebuah perusahaan dalam menjual berbagai produk atau jasa. Namun, untuk menjadi seorang salesperson yang baik, kemampuan menjual saja belum cukup.

Mengutip blog.skillacademy.com, salesperson adalah sebuah profesi yang melakukan proses penawaran produk, layanan atau solusi yang dijual kepada calon pembeli sehingga menghasilkan transaksi. 

Seorang salesperson bertanggung jawab untuk mengembangkan hubungan dengan pelanggan, mengidentifikasi kebutuhan mereka, menjelaskan keunggulan produk atau layanan, mempengaruhi keputusan pembelian, dan mencapai target penjualan yang telah ditetapkan.

Berikut ini, beberapa kemampuan dan hal yang perlu diperhatikan oleh seorang salesperson untuk bisa mengoptimalkan tugas menjual secara efektif dan efisien.

Mengenali produk

Produk adalah obyek utama yang akan dijual oleh seorang salesperson. Oleh sebab itu, salesperson harus mengenal betul barang atau jasa yang ia jajakan secara menyeluruh.

Salesperson menjadi pihak yang bertugas memberikan informasi kepada pelanggan, mulai dari manfaat fitur yang ada sampai berbagai keterbatasan dari produk.

Memahami karakteristik pelanggan

Seorang salesperson harus mengetahui bagaimana target pelanggan dari produk yang akan dijual.

Untuk memahami demografi calon pelanggan, lakukan riset kecil dengan mengetahui siapa target pengguna produk yang dijual, berapa usia mereka, latar pekerjaan dan demografi konsumen guna mengetahui apakah produk tersebut bermanfaat bagi mereka. Berikutnya, Anda timggal menentukan kapan waktu terbaik untuk menghubungi/mengunjungi pelanggan.

Related Topics