NEWS

ASEAN Caucus Dinilai Bisa Perkuat Asia Tenggara di Forum APEC

ASEAN Caucus pun bisa meningkatkan sinergi dengan APEC.

ASEAN Caucus Dinilai Bisa Perkuat Asia Tenggara di Forum APECJokowi pada acara ABAC ASEAN Caucus Day, di Hotel Four Seasons, San Francisco. (dok. Setpres)
16 November 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memandang terbentuknya ASEAN Caucus bisa memperkuat sentralitas ASEAN dalam APEC Business Advisory Council.

Menurutnya, ASEAN merupakan salah satu kawasan strategis yang memiliki modal kuat untuk menjadi pusat dari pertumbuhan dunia, yang dilengkapi aset penting, seperti pertumbuhan ekonomi di atas rata-rata dunia, demografi usia muda yang besar, serta kestabilan kawasan yang terjaga.

“Inilah aset penting yang memungkinkan suara ASEAN dapat didengar lebih keras di berbagai forum termasuk di APEC,” ujarnya seperti dikutip dari laman Setkab, Kamis (16/11).

Dia berharap keberadaan ASEAN Caucus pun bisa meningkatkan sinergi antara pemerintah dan dunia bisnis, khususnya antarnegara ASEAN dan negara lain yang tergabung dalam forum APEC.

Sorotan Presiden

Presiden juga menyoroti sejumlah bidang yang jadi fokus ASEAN Caucus. Dalam hal percepatan transisi energi, ASEAN telah sepakat untuk menjadi global hub industri kendaraan listrik.

“Caucus ASEAN dapat menjadi bagian penting untuk memperkuat inisiatif ini. Di sisi lain transisi energi juga membutuhkan dukungan investasi, dukungan teknologi di mana prakarsa Indo-Pacific Impact Fund itu dapat memiliki peran yang signifikan,” katanya.

Selanjutnya, fokus lain seperti pencapaian netralitas karbon adalah fokus lainnya yang juga tidak kalah penting. Menurutnya, perekonomian harus tetap berkembang seiring dengan komitmen ASEAN untuk turut menjaga lingkungan.

“ASEAN juga telah menyepakati strategy for carbon netrality. Indonesia juga menargetkan net zero pada 2060 di mana pencapaian target tersebut butuh kerja sama konkret khususnya di sektor pemerintah dan bisnis yang dapat dijembatani oleh ASEAN Caucus,” kata Jokowi.

Fokus terakhir yang Jokowi perhatikan adalah upaya mendorong peran aktif ASEAN Caucus dalam mendukung komitmen ASEAN untuk mempercepat implementasi pembayaran digital lintas batas melalui kerja sama lembaga-lembaga keuangan.

“Saya yakin kaukus ASEAN dapat berperan dalam inisiatif ini,” ujarnya.

Related Topics