NEWS

Bertemu Menlu Tiongkok, Jokowi Bahas Proyek Kereta Cepat hingga Vaksin

Keduanya juga membahas kerja sama saling menguntungkan.

Bertemu Menlu Tiongkok, Jokowi Bahas Proyek Kereta Cepat hingga VaksinPresiden Jokowi saat menerima kunjungan Menlu RRT Wang Yi beserta delegasi di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin (11/7). (dok. Setkab).
11 July 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu Menteri Luar Negeri Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Wang Yi, di Istana Merdeka. Pada pertemuan tersebut, keduanya membahas berbagai proyek prioritas kerja sama, salah satunya kereta cepat Jakarta-Bandung.

“Kemudian hal yang dibahas lain adalah kerja sama di bidang kesehatan, termasuk untuk vaksin dan genomic joint laboratorium, dan yang terakhir dibahas juga mengenai upaya kedua belah pihak untuk mendorong interaksi yang lebih kuat antara swasta atau private sector kedua belah pihak,” kata Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi dalam keterangan pers, Senin (11/7).

Hubungan bilateral yang saling menguntungkan

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, saat menyampaikan keterangan pers, Senin (11/7).
Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, saat menyampaikan keterangan pers, Senin (11/7). (Tangkapan layar)

Retno menjelaskan, Presiden Jokowi beserta delegasi RRT juga membahas berbagai isu bilateral, seperti komitmen  Indonesia dan RRT dalam hubungan bilateral yang saling menguntungkan.

Pada 2021, perdagangan Indonesia dan Tiongkok mengalami peningkatan signifikan, hingga lebih dari 54 persen senilai US$110 miliar.

“Kenaikan perdagangan ini juga diikuti dengan defisit dari Indonesia yang terus menurun, dan kita lihat akses pasar untuk produk-produk unggulan Indonesia makin lama makin banyak memasuki pasar Tiongkok,” ujar Retno.

RRT beri apresiasi terkait beberapa hal

Presiden Jokowi bertemu Presiden Xi Jinping di Hotel Stanley, Port Moresby, Sabtu (17/11/2018).
Presiden Jokowi bertemu Presiden Xi Jinping di Hotel Stanley, Port Moresby, Sabtu (17/11/2018). (Dok.Setpres)

Related Topics