Comscore Tracker
NEWS

BUMN Muda Luncurkan Program Mentorship

Program ini siapkan talenta muda terbaik untuk pimpin BUMN.

BUMN Muda Luncurkan Program MentorshipMenteri BUMN, Erick Thohir dalam kick-off program mentorship pada Rabu (25/8). (dok. BUMN Muda)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

Jakarta, FORTUNE – BUMN Muda sebagai komunitas generasi muda di lingkungan BUMN, berinisiatif luncurkan program mentorship untuk mendukung akselerasi transformasi BUMN dan visi Indonesia Maju, SDM Unggul. Program strategis ini bertujuan untuk memperluas kesempatan generasi muda berusia di bawah 42 tahun untuk memimpin di lingkungan BUMN.

Program mentorship BUMN Muda

Mengutip rilis BUMN Muda, program mentorship ini juga menjadi media inkubasi guna mengembangkan potensi dan meningkatkan kompetensi agar generasi muda di BUMN siap menghadapi berbagai tantangan. Program ini berupaya mengakselerasi tacit knowledge exchange dari leaders melalui practical sharing antar generasi kepemimpinan.

“Mentorship program akan menjadi wadah mempersiapkan talenta-talenta terbaik menjadi Leader BUMN. Kolaborasi lintas generasi di lingkungan BUMN juga menjadi kunci agar BUMN bisa bersaing di tingkat nasional dan global," ujar Ketua BUMN Muda, Soleh Ayubi, dalam kutipan BUMNTrack, Rabu (25/8).

Program mentorship ini mencakup tiga model program, yakni general mentoring, group mentoring, dan individual mentoring. Asesmen akan dilakukan kepada para mentee di setiap tahap program.

Adapun materi program didesain dengan melihat aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penguatan juga dilakukan di wawasan eksplorasi ekosistem korporasi, membangun kolaborasi melalui kemampuan kepemimpinan, budaya dan manusia, inovasi dan kreatifitas, serta kemampuan mengembangkan diri.

Tanggapan Menteri BUMN

Menteri BUMN, Erick Thohir, menyambut baik inisiatif ini. Program mentorship bisa menjadi instrumen transformasi BUMN untuk mampu beradaptasi di era digital. Selain itu, kapabilitas talenta muda potensial BUMN pun akan ditingkatkan untuk siap menjadi pemimpin masa depan bermental AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif), berwawasan bisnis, dan berdaya saing global.

“Tidak hanya sebagai eksekutor, tetapi juga sebagai konseptor. Mentorship program adalah wujud transformasi human capital yang menyeluruh dan sistematik dengan kolaborasi lintas generasi,” kata Erick.

Rangkaian kick-off program mentorship diresmikan dengan mengadakan Mentorship Conversation yang menghadirkan pemimpin-pemimpin berpengalaman di dua sesi talkshow. Sesi talkshow pertama diisi langsung oleh Menteri BUMN, Erick Thohir sebagai Keynote Speaker. Sesi talkshow dengan keynote speaker Wamen BUMN II Kartika Wirjoatmodjo.

BUMN Muda

Melansir berita ANTARA News, BUMN Muda adalah komunitas generasi muda di lingkungan BUMN yang diresmikan pada Juni 2021. Komunitas strategis ini dibentuk untuk menyatukan dan menguatkan peran talenta muda potensial dari seluruh BUMN. Hal ini ditujukan sebagai penggerak transformasi BUMN menjadi korporasi profesional berkelas dunia.

Komunitas ini menjadi wadah bagi para generasi muda BUMN untuk menyatukan gagasan, mengembangkan potensi, serta meningkatkan kompetensi agar berkontribusi aktif sebagai agen perubahan dan pemimpin generasi baru di BUMN, baik di masa kini maupun mendatang. Komunitas ini berada di bawah naungan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) yang menjadi mitra strategis Kementerian BUMN dalam transformasi dan pengembangan human capital di BUMN.

BUMN Muda dibentuk sejalan dengan agenda dan target transformasi human capital yang ditetapkan Menteri Erick. Adapun target tersebut antara lain adalah peningkatan persentase generasi muda di bawah 42 tahun di jajaran BoD dan BoD-1 BUMN sebanyak minimal 5% pada 2021 dan 10% di tahun 2023.

Related Articles