NEWS

Cara Menyimpan Biji Kopi Agar Lebih Tahan lama

Lebih baik simpan dalam bentuk biji kopi daripada bubuk.

Cara Menyimpan Biji Kopi Agar Lebih Tahan lamaBiji kopi di karung. (ShutterStock/Visual Intermezzo)
01 August 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kopi adalah bahan dasar minuman yang populer di seluruh dunia. Bahkan, menjadi salah satu potensi bisnis yang memiliki prospek baik di seluruh lininya, mulai dari pembibitan, penjualan biji kopi, hingga distribusi dan kafe.

Namun, para penikmat dan pelaku bisnis kopi pwrlu tahu cara menyimpan biji kopi yang aman dan bisa tahan lama agar tak mempengaruhi kualitas rasa. Apalagi, kopi adalah bahan pangan yang memiliki masa kelayakan penggunaan, artinya bisa busuk dan kedaluwarsa.

Otten Coffee menuliskan bahwa untuk menyimpan kopi dalam waktu yang lama, sebaiknya kopi disimpan dalam bentuk biji. Kopi lebih baik dinikmati sesaat setelah bijinya digiling, bukan melalui bubuk kopi yang telah berhari-hari disimpan. Kopi sangat mudah teroksidasi, oleh karena itu kesegarannya akan menurun sesaat setelah bijinya digiling.

Kopi adalah benda yang sensitif. Menyimpan kopi di tempat yang salah dan dengan cara yang keliru akan mengubah rasa asli dan kesegarannya. Kuncie.com menyebut bahwa beberapa unsur yang bisa membuat biji kopi cepat basi, antara lain udara, panas, cahaya matahari, kelembaban, dan bau yang kuat. Selain itu, rasa kopi juga dipengaruhi oleh metode pembuatan kopi.

Berikut ini, Fortune Indonesia akan mengulas beberapa cara menyimpan biji kopi agar lebih tahan lama dan tidak kehilangan cita rasa, dengan mengutip dari Kuncie.com.

1. Simpan biji kopi utuh

Biji kopi yang utuh mempertahankan rasa dan aroma aslinya dengan lebih lama. Begitu biji kopi digiling, proses oksidasi akan semakin cepat dan mengurangi rasa kopi. Itulah mengapa menyimpan biji kopi utuh lebih baik daripada menyimpan biji kopi yang sudah digiling.

2. Gunakan wadah kedap udara

Karena sifat kopi yang cukup sensitif terhadap udara dan kelembaban, maka wadah kedap udara dapat menghalangi masuknya oksigen yang bisa dengan cepat membuat biji kopi menjadi basi. Beberapa tempat yang direkomendasikan antara lain, toples atau kontainer kedap udara.

Related Topics