Comscore Tracker
NEWS

Diperingati Tiap 26 Januari, Apa Itu Hari Pabean Internasional?

Pertama kali diinisiasi oleh WCO.

Diperingati Tiap 26 Januari, Apa Itu Hari Pabean Internasional?ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

Jakarta, FORTUNE – Peringatan Hari Pabean Internasional atau International Customs Day tahun 2023 akan jatuh pada hari Kamis, (26/1). Apakah arti Hari Pabean Internasional ?

Menurut laman web pajak.io, Hari Pabean Internasional didefinisikan sebagai segala sesuatu yang berhubungan dengan pengawasan atas lalu lintas barang yang masuk atau keluar daerah pabean serta pemungutan bea masuk dan bea keluar.

Menurut National Today, Hari Pabean Internasional yang dirayakan setiap tanggal 26 Januari ini diprakarsai oleh Organisasi Kepabeanan Dunia (World Customs Organization/WCO) pada 1983. Meski begitu, organisasi ini sebelumnya bernama Custom Sooperation Council (CCC) dan sudah berdiri sejak 1952, melanjutkan Komite Kerja sama Ekonomi Eropa yang sudah ada dari tahun 1948.

Hari Pabean Internasional sebenarnya dipersembahkan bagi semua pejabat dan lembaga pabean di seluruh dunia, yang bekerja keras setiap hari untuk memastikan manajemen perdagangan dunia berjalan efektif. Mereka sudah bekerja untuk memastikan kelancaran fungsi operasi perdagangan lintas batas internasional dan menempatkan orang di pusat proses transformasi.

Institusi bea cukai di setiap negara memang punya tugas yang penting dan cukup berat dalam menjaga keamanan perekonomian di suatu negara. Otoritas ini bertanggung jawab dalam memungut tarif sekaligus mengawasi ekspor dan impor barang di sebuah negara.

Tujuan

ekspor dan impor akan dikenai bea cukai

Selain merayakan kinerja institusi kepabeanan di setiap negara atas keberhasilannya mengatur perdagangan dunia, berikut tujuan lain dari peringatan Hari Pabean Internasional:

  1. Mengingatkan seluruh masyarakat untuk menunjukkan rasa terima kasih kepada seluruh petugas bea cukai yang bekerja tanpa lelah memastikan keamanan administrasi.
  2. Memperluas pengetahuan dan informasi tentang undang-undah bea cukai di berbagai negara.
  3. Membantu memperkuat ekonomi global dengan ikut serta dalam kegiatan ekspor produk dalam negeri ke mancanegara.

Tema Hari Pabean Internasional 2023

pembuatan PEB dilakukan di kantor dirijen bea cukai terdekat

Dalam setiap perayaannya, WCO selalu menetapkan satu tema baru untuk diikuti oleh seluruh anggotanya di setiap negara. Tema-tema ini umumnya mengikuti situasi global yang sedang terjadi atau dibuat untuk mendukung upaya penguatan sektor kepabeanan global.

Beberapa tema yang diusung antara lain seperti 'Bea Cukai memperkuat Pemulihan, Pembaruan, dan Ketahanan untuk Rantai Pasok Berkelanjutan' atau 'Bea Cukai Mendorong Keberlanjutan Bagi Manusia, Kemakmuran, dan Pembangkit Energi'.

Sedangkan, WCO mendedikasikan tahun 2023 untuk memelihara generasi berikutnya dengan tema "Mempromosikan budaya berbagi pengetahuan dan kebanggaan profesional di Bea Cukai." Tema tersebut dapat digunakan sebagai latar belakang untuk menggelar berbagai program, event, dan aktivitas Hari Pabean Internasional 2023 di negara-negara yang tergabung di WCO.

Sekilas tentang WCO

WCO

WCO sebagai organisasi multi nasional memiliki tugas dan hak untuk mengawasi berbagai administrasi kepabeanan yang terkait dengan perdagangan internasional. Organisasi ini memiliki wewenang untuk mengawasi semua hal yang dilakukan di bawah yurisdiksi otoritas pabean di setiap negara anggota WCO–kini berjumlah 184 yang terbagi di enam wilayah.

Setiap negara memiliki otoritas pabean yang bertanggung jawab untuk memungut tarif dan mengawasi impor dan ekspor barang. Selain itu, setiap negara juga memiliki undang-undang sendiri tentang barang apa yang dapat masuk atau keluar dari negara tersebut. Inilah hal utama yang berada di bawah otoritas kepabeanan di tiap negara.

Sejak awal dikonsepkan dari CCC, bahkan saat pertama tercetus dalam Komite Kerjasama Ekonomi Eropa, WCO–yang bermarkas di Brussel, Belgia– telah membantu menetapkan standar administrasi kepabeanan yang efisien di seluruh dunia, untuk membantu mengembangkan dan menerapkan berbagai sistem dan prosedur kepabeanan yang menjamin keamanan kepabeanan global.

Beberapa hal yang sudah dilakukan oleh WCO hingga saat ini diantaranya, mengembangkan dan mengelola Harmonized Commodity Description and Coding System, sistem klasifikasi berstandar internasional untuk berbagai komoditas; membantu mengelola kebijakan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), sambil memastikan perdagangan internasional yang aman dan terjamin bagi masyarakat global; serta membantu melegitimasi perdagangan internasional.

Demikianlah sekilas tentang apa itu Hari Pabean Internasional. Sebagai salah satu sektor penting dalam perekonomian, kepabeanan memang sudah selayaknya mendapatkan apresiasi dan tidak hanya dikelola secara nasional, namun juga secara global.

Related Articles