NEWS

Diperingati Tiap 26 Januari, Apa Itu Hari Pabean Internasional?

Pertama kali diinisiasi oleh WCO.

Diperingati Tiap 26 Januari, Apa Itu Hari Pabean Internasional?ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho
25 January 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Peringatan Hari Pabean Internasional atau International Customs Day tahun 2023 akan jatuh pada hari Kamis, (26/1). Apakah arti Hari Pabean Internasional ?

Menurut laman web pajak.io, Hari Pabean Internasional didefinisikan sebagai segala sesuatu yang berhubungan dengan pengawasan atas lalu lintas barang yang masuk atau keluar daerah pabean serta pemungutan bea masuk dan bea keluar.

Menurut National Today, Hari Pabean Internasional yang dirayakan setiap tanggal 26 Januari ini diprakarsai oleh Organisasi Kepabeanan Dunia (World Customs Organization/WCO) pada 1983. Meski begitu, organisasi ini sebelumnya bernama Custom Sooperation Council (CCC) dan sudah berdiri sejak 1952, melanjutkan Komite Kerja sama Ekonomi Eropa yang sudah ada dari tahun 1948.

Hari Pabean Internasional sebenarnya dipersembahkan bagi semua pejabat dan lembaga pabean di seluruh dunia, yang bekerja keras setiap hari untuk memastikan manajemen perdagangan dunia berjalan efektif. Mereka sudah bekerja untuk memastikan kelancaran fungsi operasi perdagangan lintas batas internasional dan menempatkan orang di pusat proses transformasi.

Institusi bea cukai di setiap negara memang punya tugas yang penting dan cukup berat dalam menjaga keamanan perekonomian di suatu negara. Otoritas ini bertanggung jawab dalam memungut tarif sekaligus mengawasi ekspor dan impor barang di sebuah negara.

Tujuan

ekspor dan impor akan dikenai bea cukai
ilustrasi ekspor dan impor (pexels.com/Kai Pilger)

Selain merayakan kinerja institusi kepabeanan di setiap negara atas keberhasilannya mengatur perdagangan dunia, berikut tujuan lain dari peringatan Hari Pabean Internasional:

  1. Mengingatkan seluruh masyarakat untuk menunjukkan rasa terima kasih kepada seluruh petugas bea cukai yang bekerja tanpa lelah memastikan keamanan administrasi.
  2. Memperluas pengetahuan dan informasi tentang undang-undah bea cukai di berbagai negara.
  3. Membantu memperkuat ekonomi global dengan ikut serta dalam kegiatan ekspor produk dalam negeri ke mancanegara.

Tema Hari Pabean Internasional 2023

pembuatan PEB dilakukan di kantor dirijen bea cukai terdekat
ilustrasi pembuatan PEB (pexels.com/Olga DeLawrence)

Related Topics