NEWS

Pandemi Belum Usai, Diplomasi Kesehatan Masih Jadi Prioritas Kemenlu

Perlu kerja sama internasional untuk tangani pandemi.

Pandemi Belum Usai, Diplomasi Kesehatan Masih Jadi Prioritas KemenluMenteri Luar Negeri, Retno Marsudi, saat menyampaikan pernyataan pers tahunan, secara dari, Kamis (6/1). (FORTUNEIDN)
06 January 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Pandemi Covid-19 belum kunjung usai. Menteri Luar Negeri, Retno L.P Marsudi, menyampaikan bahwa diplomasi kesehatan masih akan menjadi prioritas kerja Kemenlu di tahun 2022. Penguatan ketahanan kesehatan nasional dan global akan menjadi perhatian Pemerintah Indonesia.

“Kerja sama jangka panjang diperlukan, termasuk untuk memperkuat infrastruktur kesehatan nasional maupun distribusi alat kesehatan, termasuk obat-obatan maupun vaksin. Indonesia harus mampu memproduksi vaksin sendiri dan dapat menjadi hub produksi vaksin di kawasan,” ujar Menteri Retno dalam penyataan pers tahunan Menteri Luar Negeri 2022 secara daring, Kamis (6/1).

Di tingkat global, kata Retno, penguatan arsitektur kesehatan menjadi salah satu prioritas keketuaan Indonesia pada G20. Indonesia akan terus mendorong peran sentral Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam mengkoordinasikan aksi global di bidang kesehatan. “Indonesia akan siap berkontribusi secara konstruktif dalam proses negosiasi pandemic treaty,” katanya, “Agar dunia lebih siap menghadapi pandemi."

Diplomasi ekonomi dilakukan tanpa mengorbankan aspek kesehatan

Diplomasi lain yang tidak kalah pentingnya terkait dengan sektor ekonomi. Upaya pemulihan ekonomi akan dilakukan tanpa mengorbankan aspek kesehatan. Selain itu, penguatan ekonomi dilakukan dengan memperhatikan lingkungan hidup dan Sustainable Development Goals (SDGs).

“Pelaksanaan diplomasi ekonomi akan terus diperkuat, antara lain melalui penguatan akses produk industri strategis nasional, seperti kesehatan, perkeretaapian, industri pertahanan, perkapalan, ke Kawasan Asia, Timur Tengah, dan Afrika,” ucap Menlu menjabarkan rencananya.

Indonesia juga akan mengadakan Pacific Forum for Development, guna meningkatkan kerja sama pembangunan di Kawasan pasifik secara lebih terstruktur. Kemudian, upaya peningkatan keterikatan dengan para investor luar negeri pun akan dilakukan untuk memperkuat kemitraan dengan Sovereign Wealth Fund Indonesia.

Selain itu, Retno Marsudi juga menyampaikan bahwa penguatan kemitraan untuk transisi ekonomi hijau yang lestari pun juga akan dilakukan. Penyelesaian berbagai perundingan CEPA (Comprehensive Economic Partnership Agreement) pun akan semakin dipercepat, antara lain dengan UAE, Uni Eropa, Turki, dan Cile. “Di tingkat multilateral, diplomasi dijalankan untuk terus mendorong sistem perdagangan internasional yang lebih adil dan transparan,” tuturnya.

Fokus pada Presidensi Indonesia di G20

Memasuki 2022, kerja diplomasi Indonesia akan difokuskan juga untuk mendukung kesuksesan presidensi Indonesia di G20. Menteri Retno mengungkapkan bahwa inklusivitas adalah ruh dari presidensi Indonesia yang sudah dimulai sejak 1 Desember 2021 hingga 30 November 2022.

“Indonesia ingin, G20 dapat menjadi katalis pemulihan global dengan kerja sama konkret yang bermanfaat bagi negara berkembang. Untuk itulah presidensi Indonesia ini difokuskan pada penguatan arsitektur kesehatan global, transisi energi, dan transformasi digital,” kata Menteri Retno.

Presidensi Indonesia, kata Menlu, akan dijalankan dengan transparansi yang tinggi, agar dapat mencapai hasil yang maksimal. Indonesia akan menyambut dengan hangat semua delegasi G20 pada lebih dari 150 pertemuan.

Related Topics