Comscore Tracker
NEWS

Jokowi Ungkap Rencana Elon Musk Kunjungi Indonesia November

Elon sebut akan menjajaki sejumlah kerja sama

Jokowi Ungkap Rencana Elon Musk Kunjungi Indonesia NovemberPresiden Jokowi bertemu dengan Elon Musk di Space X, Boca Chica, AS, Sabtu (14/5). (dok. Setkab)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

Jakarta, FORTUNE – Taipan pemilik perusahaan Tesla dan Space X, Elon Musk, berencana mengunjungi Indonesia pada November 2022. Hal ini disampaikannya, usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Space X, Sabtu (14/5).

Elon Musk mengatakan sangat tertarik dengan masa depan Indonesia yang dinilainya memiliki energi positif. “Saya rasa Indonesia memiliki potensi yang besar, dan saya rasa, kami melalui Tesla dan Space X akan mencoba beberapa kerja sama dengan Indonesia,” ujar Elon, seperti dikutip dari laman Setkab, Selasa (17/5).

Saat menerima kunjungan Jokowi, Elon Musk juga mengajak meninjau fasilitas produksi roket Space X. Diketahui, kunjungan tersebut berlangsung kurang lebih satu jam dan menghasilkan perbincangan produktif.

Ketertarikan Elon pada potensi Indonesia

CEO Tesla, Elon Musk.

Dengan berbagai potensi yang dimiliki Indonesia, Elon Musk menyatakan ketertarikannya untuk bekerja sama dengan Indonesia.

“Kita akan melihat dari dekat bentuk kerja sama di banyak hal, karena Indonesia memiliki banyak potensi. Apalagi Indonesia memiliki jumlah populasi dan terus berkembang. Ini bagus karena kita membutuhkan banyak orang di masa depan,” ujar Elon.

Menindaklanjuti pertemuan Luhut dengan Elon

Presiden Jokowi berkeliling fasilitas produksi Space X bersama Elon Musk (14/5).

Jokowi mengatakan, kunjungan ini merupakan tindak lanjut instruksinya kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan untuk berbicara dengan Elon. Ia juga menyampaikan bahwa Elon sangat tertarik untuk segera datang ke Indonesia.

“Tindak lanjut perintah saya untuk berbicara dengan Elon mengenai investasi, mengenai teknologi, mengenai inovasi, dan sekarang saya ke sini dan bertemu langsung dengan Elon untuk mendiskusikan kerja sama yang akan datang,” kata Jokowi. 

Kunjungan tim Tesla ke Indonesia

Sebelumnya, Menko Marves Luhut Pandjaitan telah mengungkapkan rencana pertemuan Presiden Jokowi dengan CEO Tesla Inc, Elon Musk, dalam kunjungan kerja ke AS.

“Kami lagi atur ketemunya (pertemuan Jokowi dan Elon Musk) mau di mana. Sekarang timnya Tesla ada di kantor saya, sedang bicara, tadi makan siang, nanti makan malam. Besok ke lapangan dan akan melakukan peninjauan ke Morowali,” kata Luhut dalam keterangan pers Sidang Kabinet Paripurna, Senin (9/5).

Related Articles