NEWS

Ketahui, Ini Faktor Penyebab Pengajuan e-Visa Ditolak

Siapkan dokumen yang dibutuhkan e-visa dengan lebih teliti.

Ketahui, Ini Faktor Penyebab Pengajuan e-Visa Ditolakilustrasi visa (pexels.com/Nataliya Vaitkevich)
11 October 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Sebelum berpergian ke sebuah negara, visa merupakan salah satu dokumen wajib yang Anda persiapkan adalah visa. Tak hanya berupa fisik, saat ini juga telah tersedia visa elektronik atau e-visa yang akan mempermudah pengurusan dokumen. 

Skyscanner.co.id menuliskan bahwa cara mengurus e-visa lebih mudah karena tidak perlu datang langsung ke kedutaan besar atau konsulat jenderal negara yang ingin Anda tuju. Cara pengajuan ini yang membedakan e-visa dengan visa pada umumnya.

Pasalnya, e-visa cukup diajukan via situs web kedutaan besar/konsulat jenderalnya saja atau situs web lain yang ditunjuk. Indonesia  sudah menerapkan layanan e-visa sejak 2020.

Terdapat beberapa negara lain yang menerapkan e-visa bagi para pelancong dari Indonesia yang ingin memasuki negara tersebut. Negara-negara tersebut, antara lain India, Turki, Bahrain, Sri Lanka, Saint Kitts and Nevis, serta Pantai Gading.

Namun, pengajuan e-visa juga bisa ditolak layaknya visa biasa. Melansir laman imigrasi.go.id, berikut faktor penyebabnya.

Dokumen yang diunggah buram

Pengajuan e-visa membutuhkan ketajaman unggahan gambar sejumlah dokumen yang diunggah, seperti softcopy paspor maupun foto diri. Maka, hasil pindai dokumen sangat mungkin memengaruhi keputusan persetujuan visa.

Untuk menghindari kesalahan ini, sebaiknya Anda menggunakan alat pindai seperti gawai ponsel pintar yang beresolusi tinggi. Selain itu, perhatikan juga batas ukuran dokumen yang direkomendasikan di laman situs web visa setiap negara.

Dokumen kurang lengkap

Seperti halnya pengajuan visa biasa, dokumen yang tak lengkap saat mengajukan visa elektronik bisa membuat e-visa Anda ditolak. Selain paspor, ada beberapa dokumen lain yang perlu ditambahkan, seperti surat rekomendasi, bukti tiket pesawat, sampai bukti penginapan yang dituju.

Oleh sebab itu, siapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan secara lengkap sebelum mulai mengajukan e-visa secara online.

Related Topics