NEWS

Faktor Pemicu Penurunan Angka Kemiskinan

Kemiskinan adalah situasi serba kurang yang tak terhindar.

Faktor Pemicu Penurunan Angka KemiskinanIlustrasi kemiskinan. (Shutterstock/WorldStockStudio)
07 July 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kemiskinan masih jadi momok semua negara berkembang, dan menjadi penghalang untuk mencapai status negara maju. Setiap negara pasti memiliki perhitungan tingkat angka kemiskinan, dengan harapan  bagaimana angka tersebut bisa terus menurun.

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), mendefinisikan kemiskinan sebagai situasi serba kekurangan karena keadaan yang tidak dapat dihindari oleh seseorang dengan kekuatan yang dimilikinya. Dalam kondisi ini, seseorang tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya akibat kemampuan yang dimiliki ataupun terdesak keadaan.

Ada sejumlah sebab terjadinya kemiskinan, seperti rendahnya kualitas sumber daya manusia, struktur sosial, sampai dengan terbatasnya akses dan situasi keamanan negara. Namun, semua sepakat soal bagaimana angka kemiskinan bisa terus turun. Melansir youngontop.com, berikut sejumlah faktor yang bisa menurunkan angka kemiskinan.

Pertumbuhan ekonomi

Pertumbuhan ekonomi yang kuat dapat menciptakan lapangan kerja baru dan meningkatkan pendapatan rata-rata penduduk. Selain itu, peluang untuk berbisnis dan berinvestasi pun semakin terbuka.

Situasi ini bisa mengurangi tingkat kemiskinan. Oleh sebab itu, pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan sangat penting untuk mengurangi kemiskinan.

Peningkatan kualitas pendidikan

Salah satu sebab terjadinya kemiskinan adalah kualitas sumber daya manusia. Oleh sebab itu peningkatakan kualitas individu diperlukan untuk bisa meningkatkan kesejahteraan penduduk di seuatu negara, salah satunya dengan meningkatkan kualitas pendidikan.

Investasi pendidikan yang berkualitas dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan individu, sehingga meningkatkan kesempatan untuk memperoleh pekerjaan yang lebih baik. Dengan begitu, peningkatan kualitas pendidikan bisa menjadi tahapan penting untuk mengurangi kemiskinan.

Related Topics