NEWS

Ini 5 Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa, Agak Laen Jadi Anomali

Agak Laen kini menduduki posisi 2 dengan 8,2 juta penonton.

Ini 5 Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa, Agak Laen Jadi Anomaliilustrasi film (unsplash.com/Jakob Owens)
04 March 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Beberapa minggu terakhir, Film Indonesia Agak Laen menjadi perbincangan lantaran berhasil menampati luncak film terlaris sepanjang masa. Dalam kurun satu bulan, film jni mampu menembus posisi kedua film Indonesia terlaris sepanjang masa dengan 8,2 juta penonton per Senin (4/3).

‘Agak Laen’ memang jadi sebuah anomali di industri perfilman, pada awal 2024. Film bergenre komedi horor yang diproduksi oleh Imajinari–rumah produksi yang digawangi komedian Ernest Prakasa dan Dipa Andika–ini, tanpa diprediksi, mampu meraih kurang lebih 250 ribu penonton bioskop setiap harinya.

Produser ‘Agak Laen’, Ernest Prakasa, mengaku tak menyangka dengan capaian film ini yang pengerjaannya dibantu oleh segenap kru-nya. Salah satu faktor yang menurutnya paling masuk akal membuat film ‘Agak Laen’ berhasil menembus angka di atas 7 juta penonton adalah momentum pilpres.

“Saat media sosial sedang ruwet berantem capres 1,2,3, tiba-tiba orang dikasih film komedi, di saat bioskop isinya film horor,” kata Ernest seperti dikutip dari YouTube Kemal Pahlevi, Senin (4/3). “Jadi cara melepas penas di saat orang lagi butuh penyegaran.”

Lantas, film apa saja yabg pernah meraih predikat film Indonesia terlaris sepanjang masa? Melansir dari aplikasi Cinepoint, berikut ini Fortune Indonesia akan mengulas lima urutan teratasnya, per 4 Maret 2024.

1. KKN di Desa Penari

Film KKN di Desa Penari/MD Pictures

Pada posisi pertama, film horor ‘KKN di Desa Penari’ yang diproduksi 2022, belum tergoyahkan dengan 10,06 juta penonton. Film ini bercerita tentang sekelompok mahasiswa yang menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) ke sebuah desa yang ternyata menyimpan misteri menakutkan tentang seorang penari.

Salah satu yang mendukung pencapaian film ini adalah kisah yang sempat viral di Twitter sejak 2019 oleh akun bernama SimpleMan. Kisah ini masih jadi misteri kebenarannya, namun hal ini justru membuatnya makin viral ketika MD Pictures mengangkat kisah ini ke dalam sebuah film. Adapun sutradara film ini adalah Awi Suryadi.

2. Agak Laen

Film \'Agak Laen\'.
Film 'Agak Laen'. (Instagram @pilem.agak.laen)

Related Topics