NEWS

Google Play Targetkan 500 Peserta Program Sertifikasi Pengembang Gim

Industri gim nasional diyakini terus bertumbuh signifikan.

Google Play Targetkan 500 Peserta Program Sertifikasi Pengembang GimPelaku industri gim sedang menjajal produk gim nasional. (dok. AGI)
28 February 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Industri Gim nasional terus bertumbuh. Google Play targetkan terima lebih dari 500 peserta dalam program sertifikasi talenta pengembang gim, bertajuk Google Play x Unity Game Developer Training.

Direktur Google Play, Asia Tenggara & Australia, Kunal Soni, mengatakan bahwa program ini terdiri dari pelatihan dan sertifikasi bagi para pelaku industri gim, tanpa dipungut biaya sepeser pun. “Kami pertama kali meluncurkannya tahun 2023 lalu dan saat itu belum pernah ada program seperti ini sebelumnya di dunia. Kami berterima kasih atas kolaborasi hebat Unity dan Asosiasi Game Indonesia (AGI),” ujarnya dalam keterangan yang diterima Fortune Indonesia, Rabu (28/2).

Dalam program ini pelatihan ini, peserta dapat memilih salah satu dari tiga jalur pembelajaran, yakni Game Developer, Artist, atau Programmer. Selanjutnya, mereka dapat mengikuti program pelatihan online imersif selama total lebih dari 30 jam untuk menerima sertifikasi resmi dari Unity. Selain itu, para peserta juga bisa dipertemukan langsung dengan para pelaku industri, untuk mengembangkan jejaring secara profesional.

Diakui secara global

Google Play Game
Google Play Game (dok.Google Play Game)

Executive Director Middle East, India and SAPAC Unity, John Biviano, mengungkapkan, sertifikasi Unity sudah diakui secara global dan dikembangkan lewat kolaborasi Unity, manajer perekrutan, dan spesialis desain pengujian.

“Sehingga peserta dapat memvalidasi keahlian mereka, serta menunjukkan kesiapan mereka bersama Unity untuk langkah karir profesional berikutnya, khususnya di dalam industri gim,” kata Biviano.

Dengan menerapkan kursus yang terdiri dari 10 modul, Biviano percaya bahwa program ini akan terus berkelanjutan dan menumbuhkan industri gim Indonesia, terutama bagi para pengembang gim di Tanah Air. Program ini cocok bagi peserta yang baru saja memulai karir atau yang sudah lama di industri gim, untuk selanjutnya bisa makin kuat dalam karya dan bisnis di subsektor ekonomi kreatif.

Potensi besar

Kemenparekraf mendukung program Google Play x Unity Game Developer Training.
Kemenparekraf mendukung program Google Play x Unity Game Developer Training. (dok. Kemenparekraf)

Related Topics