NEWS

Jokowi Pastikan Bantuan Dana Bagi Rumah Rusak Akibat Gempa Cianjur

Penanganan korban gempa Cianjur jadi fokus pemerintah.

Jokowi Pastikan Bantuan Dana Bagi Rumah Rusak Akibat Gempa CianjurJokowi meninjau lokasi Gempa Cianjur. (dok. Setpres)
22 November 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi), menginstruksikan pemberian bantuan dana kepada korban Gempa Cianjur yang rumahnya mengalami kerusakan. Adapun, untuk kerusakan berat akan mendapatkan bantuan sebesar Rp50 juta; rusak sedang sebesar Rp25 juta; dan rumah rusak ringan Rp10 juta.

Presiden juga meminta agar rumah-rumah ini dibangun lagi dengan konsep standar bangunan antigempa. "Rumah-rumah yang kena gempa ini diwajibkan untuk memakai standar-standar bangunan anti gempa oleh Menteri PUPR. Tadi disampaikan BMKG bahwa gempa ini 20 tahunan. Jadi rumah antigempa,” ujarnya saat meninjau lokasi gempa Cianjur, Selasa (22/11).

Jokowi juga memerintahkan jajarannya untuk membantu evakuasi para korban. "Untuk korban-korban yang masih tertimbun, saya juga telah perintahkan agar itu didahulukan, evakuasinya, penyelamatan, didahulukan,” katanya.

Pembenahan akses distribusi

Presiden Jokowi mengunjungi lokasi gempa Cianjur.
Presiden Jokowi mengunjungi lokasi gempa Cianjur. (dok. Setpres)

Jokowi meminta pembersihan longsoran tanah harus segera dilakukan untuk menjamin distribusi logistik–baik makanan maupun obat-obatan.

"Akses jalan yang kemarin tertimbun, tadi pagi sudah bisa dibuka, alhamdulillah. Dan ini nanti akan dilanjutkan dengan kecepatan dalam penanganan terutama penyelamatan evakuasi untuk yang masih tertimbun," ucapnya.

Jokowi meninjau sejumlah lokasi terdampak gempa. Lokasi  pertama yakni jalan raya Cibeureum, penghubung wilayah Bogor-Cianjur di Kecamatan Cugenang yang sempat tertimbun longsor, namun kini telah dapat dilalui kendaraan. Selanjutnya, Jokowi juga menyampaikan ungkapan duka cita atas musibah gempa bumi yang terjadi di Cianjur.

Presiden gunakan mobil

Proses pembersihan jalan yang putus akibat gempa Cianjur.
Proses pembersihan jalan yang putus akibat gempa Cianjur. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Related Topics